BUMDes Sahate Tingkatkan Ekonomi Lokal dan Usaha Produktif

BUMDes Sahate Tingkatkan Ekonomi Lokal dan Usaha Produktif

GARUT, INFODESAKU- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 6 Tahun 2014 menegaskan kembali bahwa Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa.

Atas dasa tersebut maka pada tanggal, 5/8/2015 Pemerintah Desa Lingkung Pasir, Kecamatan Cibiuk, mendirikan BUMDes Sahate, untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat perdesaan.

Dalam penjelasanya Kepala Desa, Robi Asmara mengatakan BUMDes yang didirikan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa dan perlu digaris bawahi bahwa, “modal bukan hal yang utama dalam mendirikan BUMDes tapi keinginan dan maind set akan pemahaman aturan,” tegasnya.

ROBI juga menambahkan BUMDes Sahate, didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010, Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Tata cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dan Peraturan Desa Lingkungpasir Nomor 01 tahun 2014 tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Sahate.

Adapun jenis usahanya, Ketua BUMDes, Han Han Hamdani menjelaskan, pertama dibentuk tahun 2015 membuak photocopy dan ATK dengan modal Rp.40.000.000,-, kemudian POM mini, Sarana Produksi Pertanian (Saportan), Toko Sembako dengan tambahan modal di tahun 2016 Rp. 40.000.000,- dan tahun 2017 Rp. 100.000.000,- dengan keuntungan rata- rata pertahun sekitar, Rp. 20.000.000,-.

Selain itu Han Han juga mengatakan, “keberadan BUMDes ini bukan hanya dirasakan dan dinikmati oleh warga Desa Lingkung Pasir namun bisa dirasakan oleh kecamatan tetangga (Kecamatan Kadungora/Desa Haruman Sari),” jelasnya.

Cepi Mahfudin (oprator admin SD IT Muhamadiyah) mengakui akan mamfaat BUMDes terutama dalam pengadaan ATK dan penjang administrasi sekolah dan perkantoran yang disediakan BUMDes Sahate.

“Mengingat desa kami berada dipedalaman, yang sebelumnya untuk membeli kebutuhan harus kekota sekarang dengan adanya BUMDes jadi dekat dan menekan biyaya transpotasi,” ungkapnya.

Sementara Iman Danil warga Ciawi RT, 01/ RW, 08 yang berprofesi sebagai petani merasakan benar kehadiran BUMDes ini terlebih denga adanya Saportan yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pertaniannya.

“Alhamdulillah biyaya produksi pertanian sekarang bisa berkurang dengan adanya Saportan di BUMDes, dengan demikian keuntunganpun bertambah, dari hasil tani inilah saya bisa menyekolahkan ke empat orang anak saya,” paparnya.

Setelah melihat perkembangannya Pemdes berencana untuk melebarkan usahanya dengan membuka Unit BUMDes yang bergerak dibidang pengadan barang dan jasa, pengelolaan air bersih (mata air Cigadog Asem) dan wisata alam.

Laporan: BHEGIN

Previous DPPMD Kabupaten Lebak Godog Rumusan Penyelenggaraan Kegiatan Desa
Next Pemuda Desa Sukasirna Adu Laga di Tournamen Bola Voly Kades Cup

About author

You might also like

Pesona Desa 0 Comments

Curug Sedong Dan Guha Ciwadon Potensi Wisata Desa Cibodas Jonggol

BOGOR, INFODESAKU – Aliran Sungai Cipatujah di Kecamatan Jonggol, Kabupaten bogor punya potensi wisata air terjun (curug) yang indah. Yakni air terjun yang akrab disebut Curug Sedong Curug Sedong terletak

Terbaru 0 Comments

Kades Potoan Daya Raih Penghargaan Pengabdi Terdidik Membangun Desa

PAMEKASAN, INFODESAKU- Kepala desa (Kades) Potoan Daya, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Mohammad Rofiuddin, dinobatkan sebagai pengabdi terdidik membangun desa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan. PWI Pamekasan

Hot News 0 Comments

DPMD Jabar: Bursa Inovasi Desa Pembelajaran bagi Desa

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus. Menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply