Transformasi Kepemimpinan Desa untuk Perubahan Berkelanjutan di Sukabumi Bupati Lantik 70 Kades

SUKABUMI, INFODESAKU – Sebanyak 70 kepala desa dari 38 kecamatan di Kabupaten Sukabumi resmi dilantik pada Rabu, 15 November 2023, dalam acara yang dipimpin oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, di Hotel Sukabumi Indah. Ini merupakan hasil dari Pilkades serentak siklus/gelombang II tahun 2023 dengan masa jabatan enam tahun hingga 2029.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami mengatakan, pelantikan ini merupakan momen yang sangat penting. Sebab, kepala desa terpilih telah disahkan sesuai mekanisme dan ditegaskan dalam regulasi yang mengatur untuk memimpin wilayahnya.

“Pasca pelantikan saudara sebagai kepala desa, kewenangan dan tugas serta fungsinya sudah melekat menurut kapasitasnya dan sah secara hukum,” ujarnya.

Maka dari itu, pelantikan ini harus menjadi momen untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, dan memantapkan langkah. Terutama, dalam membuat perubahan positif yang berkelanjutan. Hal itu demi kemajuan daerah dan masyarakat sejahtera lahir batin.

“Tumbuh kembangnya kemajuan pembangunan di desa, termasuk tingkat kesejahteraan desa terletak pada kepiawaian kepala desanya,” ucapnya.

Oleh karena itu, H. Marwan menitipkan sejumlah pesan kepada para kepala desa yang baru dilantik. Dimulai dari karakter diri yang harus menjadi panutan bagi perangkat desa beserta masyarakat.

“Sikap, tindakan, keputusan, dan kebijakan yang ditetapkan/dikeluarkan harus hati-hati. Tidak boleh kontroversi, apalagi berpotensi merugikan publik,” ungkapnya.

Selain itu, H. Marwan pun menekankan profesionalisme, akuntabilitas, transparansi, dan mampu menjadi katalisator bagi perubahan atau inovasi positif. Sehingga, nantinya bisa meninggalkan warisan yang baik hingga diingat/dikenang, dan dicontoh.

“Perhatian yang tak kalah penting bagi kepala desa adalah penerapan tertib dan disiplin penggunaan anggaran. Jadi, fokuslah bekerja dan layani masyarakat sebaik mungkin. Jangan lupa, penuhi janji untuk memberikan yang terbaik tanpa membenturkan nilai dan norma,” pungkasnya.

 

Laporan : BA

Related posts

Resmi Ditutup, Pagelaran Kalianda Fair 2023.. Ini kata Camat, Alhamdulillah Berjalan Sukses

Pemdes Maja Salurkan BLT-DD Miskin Ekstrim Tahap Akhir Tahun Anggaran 2023

Dalam Rangka Memperingati HUT Kabupaten Lampung Selatan ke-67, Ketua TP PKK kabupaten Lamsel Resmi Buka Lomba Masak Bahan Baku Tepung Pisang