Warga Kampung Pasir Langgir Berjibaku Bersihkan Material TPT Ambrol

GARUT, INFODESAKU – Hujan lebat pada Kamis 4 Januari 2024 yang mengakibatkan ambrolnya TPT Milik Warga setinggi 4 Meter dan Lebar 14,5 Meter berlokasi di Kampung Pasir Langgir  RT 04 RW 02 Desa Cihaurkuning Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut  pada jam 16.30 waktu setempat memutus akses warga hingga luapan air hujan masuk pekarangan rumah karena jalur air tertutup material longsor, beruntung ketua RT 04 sigap dalam penanganan tersebut dan mengajak masyarakatnya untuk membersikan material longsor Jum’at (05/01/2024).

Ketua RT 04 RW 02 Kampung Pasir Langgir  Ujang Wahyu Menjelaskan saat membersihkan material longsor ditempat kejadian,  ambrolnya TPT ( Tembok Penahan Tanah ) ini terjadi kemarin Kamis 4 Januari 2024 sore sekitar jam 16.30 yang saat itu hujan deras sekali tak berapa lama ada laporan warga bahwa TPT pinggir Rumah Pak Cucu jebol sontak saya (Ujang) menuju kelokasi kejadian untuk memeriksanya.

Lanjut Ujang, alhamdulillah jebolnya TPT ini tidak menimpa rumah warga tapi akses jalan untuk mobilisasi warga jadi tersendat karena terhalang oleh material longsor, untuk diketahui rumah warga yang terhalang itu ada 10 unit tapi ada jalan alternatif lain tapi itu lebih memutar dan lebih jauh ungkapnya.

Lebih lanjut, hal ini tentunya sudah kami laporkan ke pihak Pemdes dan alhamdulilah Pak Kades (Iwan Lukmansyah) sudah melihat saat kejadian dan tadi pagi jelas Ketua RT 04 Ujang Wahyu.

Ucapan Terima Kasih dari Ketua RT 04 Ujang Wahyu terlontar kepada warga Kampung Pasir Langgir yang telah berjibaku bergotong royong membantu proses evakuasi material longsor yang menghalangi akses jalan warga semoga itu menjadi ladang amal dikemudian hari imbuhnya.

Terlihat saat awak media meliput hampir semua warga turut andil didalamnya mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga ibu rumah tangga semangat dalam membersihkan material longsor  tersebut.

 

Laporan : RIYADI

Related posts

Tim SAR Sat Pol Air, Basarnas dan TNI AL Evakuasi Nelayan Kapal Tenggelam

Danramil 0607- 07/Warudoyong Hadiri Acara Khitanan Massal

Mini Event , Bupati Marwan” Pecarian Bakat Sekaligus Ngamumule Budaya Bangsa”