Pemdes Cibodas Gelar Sertijab, Ini Kata Kades Terpilih

SUKABUMI, INFODESAKU – Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Desa (Kades) Cibodas terpilih, dilaksanakan di halaman Kantor Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (09/12/2023) kemaren.

Kepala Desa Cibodas H.Ibadullah Muchtar resmi menjabat sebagai Kades, setelah melakukan Sertijab dengan Pejabat Sementara (Pjs) Dadang Sudjana. Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Muspika Pelabuhanratu, Perangkat Desa dan juga para lembaga Desa seperti BPD, LPMD, RT/RW, TP PKK, Karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta semua elemen masyarakat yang ikut menghadiri.

Camat Palabuhanratu, Drs.H.Ali Iskandar, saat di wawancarai awak media mengatakan, proses Sertijab Kades Cibodas berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan Surat Kerja (SK) Bupati Sukabumi pada tanggal 14 November 2023 pada saat pelantikan kepala desa terpilih.

“Jadi kegiatan ini hanya dalam bentuk administrasi, bentuk pisah sambut antara pejabat yang lama dengan kepala desa yang baru,” ungkapnya kepada wartawan.

Ali menyebutkan, setelah proses Sertijab ini, Kades yang baru dapat menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik, sehingga apa yang direncanakan untuk memajukan desa Cibodas dapat berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah secara pengukuhan Kades yang baru sudah dilakukan dan tentu juga kita butuh dukungan dari semua pihak agar pekerjaan Kades bisa terlaksana dengan penuh kebaikan dan juga rekan-rekan jurnalis untuk menggalang partisipasi dari setiap warga, menginformasikan setiap agenda kebijakan dan program. Tentu saja yang paling utama menyerap aspirasi yang berkembang, karna tidak mungkin bisa terwujud sebuah program kalau aspirasinya tidak sampai kepada pimpinan, harus ada kolaborasi diantar semua pihak,” jelas Ali.

Lanjutnya, fungsi Kades dalam melaksanakan fungsi pelayanan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan bisa berjalan secara baik, dibutuhkan dukungan dari semua pihak dan yang paling utama dalam mengurus APBDes yang solid, melaksanakan fungsi pengawasan legistrasi dan kemudian melaksanakan fungsi budgeting, yang kedua adalah perangkat desa yang harus profesional yang kemudian betul-betul mendukung kepala desa. Yang ketiga tentu saja warga masyarakat yang sebagian diantaranya diwakili oleh lembaga kemasyarakatan desa, lembaga antar desa, sehingga kemudian partisipasi bisa berkembang dan kemudian pembangunan bisa dilaksanankan dengan baik.

“Sekarang orang tua kita adalah bapak H. Ibadulloh yang tentu saja juga beliau menjadi orang tua kita semua, sehingga tidak bisa di pilah-pilah, tidak bisa di wilah’wilah semua menjadi tanggung jawab beliau. Oleh karenanya tanggung jawab ini bisa di tunaikan harus ada dukungan dari semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cibodas H.Ibadullah Muchtar menyampaikan, sebagai seorang pimpinan di desa ini, ia akan berusaha dengan sebaik-baiknya untuk membawa Desa Cibodas menuju perubahan di masa yang akan datang.

“Insyaallah saya akan bekerja dengan sebaik-baiknya untuk membawa Desa Cibodas menuju perubahan, tentu saja dengan dukungan semua pihak, sehingga desa yang kita cintai ini bisa maju dan mandiri di semua bidang,” pungkasnya.

 

 

Laporan : RT

Related posts

Jajaran Koramil Nagrak 0607-10 Bersama Masyarakat Karya Bakti

Sariyanti Gelar Sosialisasi Pembinaan IPWK di Desa Balinuraga

Gedung Kelurahan Kalianda Rusak Berat, Camat Kalianda minta Lurah Berkolaborasi Dengan Swasta