Seorang Kasi Budpora Merogoh Kantong Sendiri Gelar Festival Seni Ditengah Pademi Covid-19

SUKABUMI, INFODESAKU – Di tengah pademi Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan Budpora Kabupayen Sukabumi, ber inisiatif melakukan pembinaan dan pengembangan seni dengan cara merogoh kantong sendiri dengan menggelar Festival Karya Seni yang diikuti para praktisi seni dengan materi seni Musik Karawitan dan Seni Tari yang mengusung tema Berkarya Seni di Rumah saja perangi Covid 19, kegiatan tersebut digelar mulai tanggal 13 April hingga 22 April 2020. Selasa, (05/04) lalu.

Kasi Kesenian Disbudpora Toto Sugiarto melalui sambungan seluler menjelaskan penilaian festival tersebut dilakukan dengan cara mengupload Video dimedia sosial grup whatsapp, ternyata antusias peserta begitu tinggi hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang ikut yaitu sebanyak 24 peserta tari dan musik dari berbagai Kecamatan.

” Meskipun kegiatan tersebut dilaksanakan dalam waktu yang sangat mepet dimana peserta diberi waktu hanya satu minggu, akan tetapi mereka mampu membuat produk seni yang bagus dengan Editing Video kekinian,” jelasnya.

Penguman pelaksanaan lomba 13 April
Batas akhir dan penilainnya 22 April.

Hasil dari penilain dari festival tersebut, peraihan juara
Bidang Seni Karawitan:
Juara1. Yoga Awaludin dari Kecamatan Warungkiara kemudian
Juara 2. Merwan Meryaman dari Kecamatan Nagrak dan Juara 3. Ujang Hendi dari Kec. Nagrak.

Untuk bidang Seni Tari:
Juara 1.Indra Gandara dari Kecamatan Cikembar
Juara 2.Leni Siti Ariani Kecamatan Nagrak dan
Juara 3.Giran Ikhlas Munggaran dari Kecamatan Parungkuda.

Seksi Kesenian Bidang Budaya Disbudpora mengaku walaupun tidak ada dana, dirinya merogoh kantong sendiri untuk hadiah alakadarnya bagi para juara.

” Dengan festival ini saya mencoba agar pelaku seni tetap berkarya walau dalam keadaan sulit, dengan tema berkarya di rumah saja kita membantu sosialisasi pencegahan penyebaran virus demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

Dengan harapan mereka para praktisi seni bisa berkarya lebih semangat guna melestarikan seni walau dalam keadaan sesulit apapun masih dapat melahirkan karya yang hebat.

Laporan : BA

Related posts

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto Minta Hanura Tetap Solid, Meski Kini Pindah Fraksi

Melalui Rapat Paripurna, Pemda dan DPRD Kabupaten Bogor Sepakati APBD Perubahan TA 2023

Dishub Kabupaten Bogor Mengelar Rapat Jam Operasional Truck Tambang