Untuk Memerangi Gizi Buruk Pemerintah Desa Jondong Adakan Rembuk Stunting

Lamsel, Infodesaku –  Dalam rangka untuk memerangi Stunting atau kasus gizi buruk ( gagal pertumbuhan) serta untuk memberikan pemahaman tentang Stunting, Pemerintah Desa Jondong , Kecamatan Kalianda , Kabupaten Lampung Selatan menggelar kegiatan Rembuk Stunting, yang bertempat di Balai Desa Jondong, Selasa (22/08/2023).

Acara ini dihadiri oleh kepala desa jondong Zakaria, Husni puskesmas kalianda, BPD, Zaini Kasi Kesos Kecamatan Kalianda, Komala Sari Koordinator penyuluh KB kecamatan Kalianda, Wulan pendamping lokal desa, Purwanto Pendamping Desa kecamatan Kalianda, Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, serta Seluruh Perangkat Desa. Jondong .

Dalam Sambutannya Zakaria kades jondong menyampaikan,” Bahwa perlu komitmen dan aksi nyata dari semua pihak terkait, agar pencegahan stunting dapat berjalan maksimal, ” ujarnya.

Penyuluhan Rembuk Stunting desa memberikan pemahaman cara mengatasi kekurangan gizi balita kepada masyarakat, khususnya kepada para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia balita dengan harapan nantinya anak yang lahir dalam kondisi sehat serta pertumbuhannya tidak terhambat atau gagal.

Husni mewakil Meti UPT puskesmas Kalianda mengatakan pentingnya menjaga pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya).

“Untuk ibu-ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” ujar Rusni UPT Puskesmas Kalianda

Lanjutnya, karena saat balita merupakan masa pertumbuhan selain kesehatan dan gizi harus terjamin untuk pertumbuhan anak tersebut.

“Untuk menekan angka stunting khususnya di Desa Jondong dan umumnya di Kabupaten Lampung Selatan dan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sesuai dengan visi misi Kabupaten lampung selatan Maju tentunya harus didukung oleh semua pihak,” tutupnya.

 

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan Penyampaian Ranperda Apbd Lamsel Tahun Anggaran 2023

Untuk Mempermudah Akses Jalan Produksi Tani, Desa Tanjung Gading Buka Badan Jalan

Guna mendongkrak Perekonomian ,Desa Kota Guring Membuka Badan Jalan