Kecamatan Cibinong Raih Juara Umum MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor

BOGOR, INFODESAKU – Kontingen Kecamatan Cibinong berhasil keluar jadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023. Piala diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, pada acara penutupan MTQ, di Perumahan Nirwana Bukit, Gunung Sindur, Kamis (7/9).

Untuk diketahui Kecamatan Cibinong berhasil merebut kembali gelar juara umum MTQ Kabupaten Bogor. Sebelumnya pada MTQ ke-43 Kecamatan Cibinong berhasil menjadi juara umum, yang selanjutnya juara direbut oleh Kecamatan Cileungsi pada MTQ ke-44. Pada MTQ ke-45 tahun 2023, piala bergilir tersebut akhirnya kembali ke Kecamatan Cibinong.

Pada MTQ ke-45, Kecamatan Cibinong berada pada peringkat pertama dengan nilai total 107, Kecamatan Gunung Sindur di peringkat kedua dengan nilai 39, Kecamatan Megamendung di peringkat ketiga dengan nilai 34. Peringkat keempat yakni Kecamatan Tajurhalang dengan nilai 33 , kelima Kecamatan Sukaraja dengan nilai 26, keenam Kecamatan Bojonggede dengan nilai 22, ketujuh Kecamatan Cibungbulang dengan nilai 17, kedelapan Kecamatan Cigombong dengan nilai 14, kesembilan Kecamatan Cileungsi dengan nilai 13, dan peringkat Kecamatan Tamansari dengan nilai 11.

Selanjutnya untuk lomba pawai ta’aruf, Kecamatan Gunung Sindur menjadi juara pertama, juara kedua diraih Kecamatan Megamendung, juara ketiga diraih Kecamatan Sukamakmur. Penutupan MTQ juga menampilkan tokoh-tokoh agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu.

Mewakili Bupati Bogor, Sekda Burhanudin mengungkapkan, alhamdulillah wasyukurillah, seluruh rangkaian kegiatan MTQ telah berjalan baik dan lancar. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, peserta, aparatur dan seluruh masyarakat di Kecamatan Gunung Sindur yang telah menjadi tuan rumah yang baik, serta semua pihak yang turut berkontribusi mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor.

“Tentunya para qori’-qoriah’, hafidz-hafidzah dan seluruh peserta telah memberikan upaya terbaiknya, dan dewan hakim juga telah memberikan penilaian secara tujuan sehingga terpilih para juara terbaik yang akan mewakili Kabupaten Bogor ke tingkat provinsi,” ungkap Burhanudin.

Burhanudin mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor saya ucapkan selamat kepada para juara MTQ ke-45, teruslah berlatih, tetap tawadhu, tawakal, dan tingkatkan kualitas diri untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

“Bagi para peserta yang belum menjadi juara, saya minta agar tetap menjaga semangat, karena tujuan utama mempelajari kalamullah adalah untuk meraih berkah dan ridho Allah subhanahu wa ta’ala agar selamat dunia dan akhirat,” katanya.

Ia menambahkan, ajang MTQ adalah syiar untuk menumbuhkembangkan kecintaan umat pada Al Quran, mencari bibit SDM unggul, islami dan Qur’ani, memperkuat ukhuwah islamiyah, serta menciptakan kesalehan sosial di masyarakat yang berkeadaban.

“Semoga kegiatan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor ini dapat menjadi pintu rahmat yang akan meninggikan derajat kita sekalian, sebagai umat yang beriman, bertaqwa, berilmu dan beramal,” tandas Burhanudin.

Sementara itu, turut hadir pada acara penutupan MTQ ke-45, perwakilan Forkopimda Kabupaten Bogor, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Ketua Pengadilan Agama Cibinong, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ketua Baznas Kabupaten Bogor, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bogor, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, jajaran kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Bogor, Camat Gunung Sindur beserta jajaran Forkopimcam, kepala desa dan masyarakat Gunung Sindur. (EPF)

Related posts

Bupati Iwan Setiawan Minta Kades dan Camat Responsif Terima Laporan Kebutuhan Air Bersih Dari Warga Terdampak Kekeringan

Bupati Iwan Setiawan Mengikuti Rapat Paripurna Bahas Dua Agenda

Stop Bullying, Ratusan Santri Ponpes Daruul Ulum Diberi Penyuluhan Oleh Babinsa