Puskesmas Batumarta Gelar Acara Rembuk Stunting Di Desa Sukadamai

SUMSEL, INFODESAKU – Puskesmas Batumarta, Kecamatan Madang Suku III, Kabupaten OKU Timur kembali gelar acara Rembuk Stunting di desa Sukadamai Kecamatan Madang Suku III , yang bertajuk MELALUI KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING KITA WUJUDKAN SUMBERDAYA MANUSIA YANG UNGGUL MENUJU INDONESIA MAJU, Kegiatan tersebut di laksanakan  di Balai desa Suka Maju.Jum’at (22/09/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Kepala Puskesmas Madang Suku III, dr. H. Rudi Isnawan, Aparatur Desa Suka Maju, Pendamping Desa, PLKB, Bidan Desa, Staf Puskesmas Madang Suku III (Ahli Gizi), Babinsa, Babinkamtibmas.

Pada kesempatan ini Kepala Puskesmas Madang Suku III dr.H.Rudi Isnawan mengatakan Rembuk stunting ini guna membahas penanganan yang ada di desa Sukadamai.

“Kita laksanakan pemantauan dan penanganan Balita dan ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis (KEK). Bila ada balita yg kekurangan gizi dan ibu Kekurangan Energi Kronis wajib diberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan protein hewani yg tinggi,” Ujar dokter Rudi.

dr. Rudi melanjutkan beberapa hal terkait menyikapi stunting kita menghadirkan ahli gizi dari Staf Puskesmas Madang Suku III dan Bidan desa.

“Rembuk stunting, tidak hanya melibatkan bidan desa atau struktur Swasembada Gizi, dan ibu PKK saja, seluruh unsur harus di libatkan karena ini menyangkut tumbuh kembang anak kita, bidan desa selalu mengadakan pembinaan kader kader yg ada di desa dalam pencegahan selanjutnya agar stunting di desa tidak muncul lagi.” kata dokter Rudi.

Terakhir dokter Rudi mengatakan Penguatan posyandu di desa melalui Bidan desa dan kader wajib memantau ibu hamil dan balita.

“Tidak hanya mengatur pola makan anak saja namun yang tidak kalah penting bagaimana kita memantau, mengatur jarak kehamilan pada ibu-ibu, Mari kita memahami betapa pentingnya menjaga daya tumbuh kembang anak kita, Saya mohon kerjasama nya kepada bapak ibu semua agar desa kita ini tidak termasuk desa stunting.” Pungkasnya.

 

Laporan : Imam suryadi

Related posts

Pemdes Tambak Boyo Salurkan BLT DD Tahap III Tahun 2023

Sambut HUT TNI Ke 78, Koramil 05/ Buay Madang / KODIM 0403 / OKU Adakan Lomba Gaple

Sekda Monitoring Pilkades Serentak Siklus II Di 3 Kecamatan