Sebanyak 49 Desa Dari 15 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan Menerima Tambahan DD 2023

LAMSEL, INFODESAKU   – Sebanyak 49 desa dari 15 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menerima tambahan dana desa (DD) tahun 2023 sebesar Rp133,823 juta setiap desanya.

Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel, Erdiansyah SH mengungkapkan penambahan DD ini merupakan implikasi dari PMK Nomor 98/PMK.07/2023 tentang Perubahan PMK Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa

“Tambahan dana desa ini sebagai insentif kepada desa yang memiliki kinerja terbaik yang penilainya dari pusat langsung,” tutur Erdiansyah di ruang kerjanya, Rabu 4 Oktober 2023.

Erdiansyah menjelaskan, ada dua kategori dalam pemberian tambahan dana desa ini, yakni kategori kinerja pemerintahan desa dan kategori penghargaan pemerintahan desa dari kementerian atau lembaga.

“Tambahan dana desa ini juga dapat menjadikan pemacu desa lebih kompetitif dan juga sebagai sebuah prestasi,” imbuhnya.

Erdiansyah berujar, alokasi DD tambahan ini prioritas pembangunan serta mencegah dampak dari fenomena alam El Nino.

Menambahkan, Kepala Bidang Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Desa DPMD, M.Iqbal Fuad S.STP menyebutkan penyaluran tambahan dana desa ini di tahun anggaran berjalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pasal 21 dan ayat (2) PMK 98/2023, dilakukan secara sekaligus paling cepat bulan September 2023.

Pemerintah Desa yang mendapatkan tambahan Dana Desa melakukan perubahan APBDes sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Salah satu persyaratan dalam pengajuan penyaluran tambahan Dana Desa adalah surat pernyataan Kepala Desa terkait komitmen penganggaran tambahan Dana Desa dalam APBDes,” pungkas Iqbal (BR)

Related posts

Perkokoh Suri Tauladan di Era Milenial : Tema Acara Maulid di Desa Langensari

Hut TNI Ke 78, Kodim 0622 Ketahkan 1300 Personil Gabungan Gelar Bersih Bersih Pantai Cibutun

Masyarakat Huntap Rajabasa , “Terima kasih Pak Nanang”