Gotong Royong Pemdes Cipanengah, Bersih Sungai Demi Ketersediaan Air bagi Pertanian

SUKABUMI, INFODESAKU – Pemerintah Desa Cipanengah bersama dengan masyarakat setempat, Babinsa, dan Babinmas, melaksanakan Bhakti Jum’at Bersih (Jumsih) dalam rangka pembersihan dan perbaikan aliran sungai Cipanengah Kecamatan Bojong Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jumat (03/11/23)

Diketahui sekitar sepanjang 4 Km sungai dari Kp Cibuntu sampai Kp Tapos menjadi fokus utama pemulihan aliran air sungai.

“Banyaknya sampah dan kerusakan pada pematang sungai yang menyebabkan tersumbatnya aliran sungai dan tidak lancarnya aliran air ke hilir. Kepala Desa Cipanengah, Yosep, yang akrab disapa Utek.

Kegiatan bertujuan untuk membersihkan aliran sungai yang terhambat oleh sampah dan kerusakan, sehingga sawah di hilir dapat kembali ditanami padi.

“Kami bersyukur karena saat ini sudah memasuki musim hujan setelah kemarau panjang. Debit air dari hulu telah kembali normal, tinggal kita perbaiki aliran sungainya supaya kembali normal dan sawah serta masyarakat lainnya dapat memperoleh aliran air dengan baik,” jelas Utek kepada awak media pada Jumat 03/11/2023.

 

Laporan : BA

Related posts

Musrenbangdes Buah Berak Susun RKPDes Tahun Anggaran 2024 Pengadaan Air Betsih

Musrenbangdes Desa Sumur kumbang Tahun 2024, Prioritas Penanganan Sampah

Pemdes Kedaton Menggelar Musrenbangdes Tahun 2023