” Stop Buang Air Besar Sembarangan ” Dinkes Kabupaten Bogor Deklarasikan ODF

BOGOR, INFODESAKU – Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kecamatan Sukaraja serta Kepala Desa sekecamatan Sukaraja deklarasikan ” Stop buang air besar sembarangan ” atau Open Defecation Free (ODF) diwilayah Kecamatan Sukaraja. Pentingnya kita lakukan deklarasi ini untuk memotivasi masyarakat agar menjaga kesehatan lingkungannya, salah satunya tidak membuang air besar sembarangan.

” Kita lakukan ini untuk memotivasi sekaligus mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan lingkungan agar terbebas dari sumber penyakit, salah satu faktor penyebanya adalah membuang air besar sembarangan, membuang sampah sembarangan, kita sampaikan kepada masyarakat Sukaraja untuk berperilaku hidup bersih dan sehat agar lingkungan kita terawat, bersih dan sehat,” ujar Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Agus Fauzi.

Menurutnya, di Kabupaten Bogor dari 435 desa/kelurahan saat ini baru 50 % yang ODF, kita targetkan ditahun 2024 seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Bogor bebas dari buang besar sembarangan.

” Kita targetkan ditahun 2024 desa/kelurahan di Kabupaten Bogor bebas dari buang air besar sembarangan, karena sampai saat ini masih 50% dari 435 desa/kelurahan masih buang air besar sembarangan, untuk itu kita terus deklarasikan ODF keseluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor, ” paparnya.

Sementara itu Camat Sukaraja, Ria Marlisa mengajak kepada masyarakat Sukaraja beserta stake holder yang ada untuk berkomitmen tidak membuang air besar sembarangan, bersama menjaga lingkungan diwilayahnya agar tetap sehat terbebas dari penyakit.

” Hari ini kita berkomitmen bersama pemerintah daerah, serta stake holder yang ada dikecamatan Sukaraja yaitu puskesmas, dkpp, pupr serta pemerintah desa, mengajak dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan, menjaga kesehatan lingkungan selalu bersih dan sehat.” pungkasnya.

 

Laporan : AJH

Related posts

Antisipasi Longsor Pemdes Cilebut Barat Bangun Tembok Penahan Tanah

Petugas Kawal Penyaluran Bantuan Pangan Desa Cilebut Timur

Kecamatan Kalianda Menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan PKK Kecamatan dan Desa