Pemdes Margacinta Realisasikan Dana Desa Tahap I Tahun 2024 Membangun Infrastruktur Dasar

SUMSEL, INFODESAKU – Tembok Penahan Tanah (TPT) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu pada umumnya dipasang pada daerah tebing yang labil.

Hari ini Pemerintah Desa Margacinta, Kecamatan BMR Mengalosikan Dana Desa (DD) Tahun 2024 untuk membangun infrastruktur dasar dalam lingkungan desa berupa pembangunan saluran drainase plat duiker Jembatan Dan Tembok Penahan Tanah (TPT) ,Sabtu, (02/03/2024)

Di sela – sela kegiatan Kepala Desa Margacinta Sutaryo menjelaskan Pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) dan Plat Duiker ini merupakan hasil musyawarah sepakat warga guna memenuhi kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Semua ini merupakan hasil keputusan musyawarah dengan warga desa Margacinta , Adapun Dana yang kita gunakan dalam pembangunan TPT dan Plat Duiker ini menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2024. awal kita melakukan pembangunan Plat Duiker dan Tembok Penahan Tanah (TPT) guna memperlancar pembuangan kotoran limbah dari rumah tangga warga saat musim kemarau dan hujan”,jelas Sutaryo Kades Margacinta.

Sutaryo juga mengatakan Pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) dan Plat Duwiker ada 6 titik di RT 06 RW0 2 dan RT 05 RW, dalam pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara mandiri oleh masyarakat setempat dengan memakai sistem upah harian.

“Masyarakat kami sangat kompak dan antusias melaksanakan pekerjaan pembangunan ini, jadi kami Pemdes optimis kalau pekerjaan fisik dapat di selesaikan dengan baik sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan,”ujarnya.

Sementara itu Camat Belitang Madang Raya H. ABD. Alim. S.H.,M.M., melalui Kasi PMD Kecamatan Sholeh,S.E., mengatakan Pembangunan TPT ini guna untuk memperkuat pondasi Jalan Lingkungan yang sebelumnya masih belum ada penahannya yang mengakibatkan tanah bergeser karna hujan atau dilalui oleh kendaraan besar.

“Selain membngun TPT Pemdes Margacinta juga membangun plat duinker, saya harap agar masyarakat turut berperan aktif dan memanfaatkan sebaik baiknya, menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah desa Margacinta,” pungkasnya.

Perlu kita ketahui dihari yang sama pemerintah desa Margacinta juga menyalurkan BLT DD Tahun 2024 dengan jumlah penerima 23 KPM Diberikan langsung 6 (enam) bulan.

 

Hadir dalam kegiatan ini Camat Belitang Madang Raya, H. ABD. Alim. S.H.,M.M., yang di wakili kasi PMD Sholeh,S.E, Kepala Desa Margacinta, Sutaryo, Babinsa Koramil 05 Buay Madang, Koptu Sukekno, Babinkamtibmas Polsek Madang Suku I, Brigadir Marlionson, Pol PP, Pendamping Desa , Sefudin dan Widodo serta Perangkat Desa Margacinta .

 

Laporan : Imam Suryadi

Related posts

Program TMMD ke 119 Di Tenjojaya Warga Apresiasi Positif

Hi.A Zamzani Yasin Anggota DPRD Provinsi Lampung Sosialisasi IPWK Di Desa Kecapi

Sinergitas Babinkamtibmas Bersama Babinsa Kawal Penyaluran BLT Dana Desa Tahun 2024