Lewat Pagelaran Wayang Golek, Pj. Bupati Bogor Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Pada Pemilu 2024

BOGOR, INFODESAKU – Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu membuka pagelaran wayang golek Dalang Den Gala bertajuk Golek Solusi atau Bogor Melek Sosialisasi Pemilu Bersih, di Lapangan Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Jumat (26/1) malam. Pada kesempatan tersebut, Asmawa kembali mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2024.

Hadir mendampingi Pj. Bupati Bogor, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD), perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, jajaran Forkopimcam, Camat Leuwisadeng, dan para Kepala Desa se-Kecamatan Leuwisadeng.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, 20 hari ke depan kita akan melaksanakan pesta demokrasi, pesta terakbar sepanjang perjalanan bangsa ini. Karena pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan Pemilu serentak, baik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Legislatif tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Kemudian di tahun yang sama akan dilaksanakan juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bogor lima tahun kedepan.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengajak seluruh masyarakat mari sama- sama kita sukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini. Gunakan hak pilih yang merupakan hak konstitusional untuk memilih pemimpin terbaik bangsa lima tahun kedepan,” ungkap Asmawa.

Asmawa juga mengingatkan bahwa indikator sukses itu ada dua. Pertama adalah terciptanya kondusifitas wilayah Kabupaten Bogor. Kedua, bagaimana kita meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memberikan suaranya, menggunakan hak konstitusionalnya.

“Kesuksesan pesta demokrasi ini menjadi perhatian kita bersama, karena itu malam ini kami berterima kasih kepada penyelenggara, KPU, Bawaslu dan pihak terkait lainnya dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui pagelaran wayang golek ini,” tandas Asmawa.

Selanjutnya Asmawa memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bogor kepada Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bogor yang meraih Piala Bergilir Bokor Mas Kencana.

“Yakni atas pencapaian sebagai juara dan yang terbaik pada pagelaran wayang golek tingkat Jawa Barat pada tahun 2023. Terima kasih sudah memelihara dan mengembangkan seni budaya Sunda di Kabupaten Bogor,” ujar Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Camat Leuwisadeng, Rudy Mulyana mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pj. Bupati Bogor untuk dapat menyelenggarakan pagelaran wayang golek. Yang juga dalam rangka mensosialisasikan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

“Alhamdulillah pada Pemilu tahun 2019 partisipasi masyarakat di Kecamatan Leuwisadeng mencapai sekitar 81,36 persen. Semoga tingkat partisipasi ini bisa terus ditingkatkan”, ucap Rudy.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Yudi Santoso menerangkan, di Kabupaten Bogor, wayang golek adalah salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat. Oleh sebab itu, Disbudpar hari ini melaksanakan kegiatan wayang golek yang pertama di tahun 2024 dan berkolaborasi dengan KPU.

“Hal ini dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Bogor. Harapannya Pemilu bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” terang Yudi Santoso. (Alex)

Related posts

Aksi Gebrak Gotong Royong Menuju Wisata Berkelanjutan (Gerot Wisata) Sasar Pemandian Way Belerang Kalianda

Acara Sedekah Bumi di Kampung Karanggan Tua di Sambut Antusias Oleh Masyarakat

Bupati Lampung Selatan Bersama Forkompimda Tanam Bawang Sekaligus Panen Semangka di Kebun Edukasi