Ciamik Pemdes Mekarjaya Kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor Sulap Solokan Jadi Kolam Ikan

BOGOR, INFODESAKU – Bersih dan penuh ikan itulah yang terlihat disepanjang Solokan irigasi yang menyambungkan persawahan bendungan samawa hingga hingga hilir kampung toge bujang desa Mekarjaya kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor.

Solokan yang panjangnya sekitar 1 km tersebut diantaranya sekitar 40 meter disulap menjadi tempat pemeliharaan ikan nila, ide ini muncul dari kades Mekarjaya Ismail Abraham.

Iya memanfaatkan Solokan yang melintasi kantor desa.idenya pak kades kata sekretaris Mekarjaya Nurul Amin pada wartawan infodesakau Senin 6 Pebruari 2024.

Lanjut Nurul Amin, kolam ikan tersebut dibuat sejak tahun lalu yaitu tahun 2021.

“Ikan yang di tebar dikolam ini siapa saja boleh mengambil terutama warga sekitar,kita tidak jual tapi diberikan gratis untuk warga,” ucapnya.

Nurul Amin menuturkan ikan yang ditebar hanya ikan nila, setiap tiga bulan dipanen, untuk makanannya cukup untuk makanan pelet, ya setiap hari kita kasih makan pelet alhamdulilah hasilnya bisa dirasakan oleh warga,” kata amin.

Enur salah satu warga kampung toge bujang RT 02/04 mengaku setiap panen selalu kebagian ikan yang dibagikan kades Mekarjaya.

“Setiap panen saya dan keluarga kebagian 1 kilo ikan nila yang diberikan pak kades Mekarjaya Ismail abraham,” tuturnya.

Ia berharap program bagi bagi ikan itu bisa terus berlanjut sebagai bentuk perhatian pemdes dalam membantu bahan pangan hewani dan terakhir semoga pemdes terus mengembangkan yang bisa dirasakan oleh masyarakatnya dalam hal-hal positif.” Pungkasnya.

 

Laporan : Alex

Related posts

Dampak Pendemi Masih Ada, Begini Cara Kepala Sekolah SMPN 1 Sukawening Memulihkannya Kembali

Saung Eksperimental Pemuda RW.02 Edukasi Anak SD Dihari Libur

OPTIMALISASI LENGKUAS SEBAGAI BAHAN BAKU SERUM WAJAH DAN HAND SANITIZER