Saba Desa Adakan Bimtek Permendagri 20/2018 Bagi Penyelenggara Desa

GARUT, INFODESAKU – Pemerintah desa se-Kecamatan BL.Limbangan mengikuti bimbingan teknik dan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 20 tahun 2018 tentang pengelolan keuangan desa di aula kecamatan, acara tersebut digagas oleh paguyuban sekretaris desa. Rabu (17/10).

Hermanto Sekretaris Desa Galeuh Pakuwon selaku panitia menjelaskan tujuan dan maksud dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja pemerintahan desa terutama dibidang administrasi selain itu agar para aparat desa mampu melaksanakan tugas poko dan pungsi masing- masing.

“Dengan memahami dan menguasi aturan tata kelola keuangan desa maka semua aparat desa akan bertanggungjawab terhadap tupoksinya,” singkatnya.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari DPMD terbukti dengan hadirnya Kasi Administrasi Pemerintah Desa dan BPD Budi, dirinya sangat mendukung acara ini karena sangat penting dan berguna untuk berjalanya pemerintahan desa yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan terlebih acara ini murni swadaya desa,” pungkasnya.

Dalam sambutanya Camat Arif Rumdana menyampaikan agar para peserta fokus dalam mengikuti bimtek ini dan sampai selesai agar mampu memahami materi dan bisa mengaplikasikannya.

“Ikuti bimtek ini dengan fokus dan tuntas agar bisa memahami dan menguasi materi dengan sehingga setelah beres para peserta bisa mengaplikasikannya,” tegasnya.

Acara ini diprakarsai oleh paguyuban sekdes Limbangan (sabadesa) dengan menghadirkan pemateri dari Tenaga Ahli Dirjen Kemendes PDTT, Tenaga Ahli Pembangunan Partisifatif Kabupaten Garut dan Kasi administrasi aparatur desa DPMD dan pesertanya mulai dari kepala desa, aparat dan lembaga desa (BPD) acara tersebut berlangsung selama dua hari, dari 16 – 17 Oktober.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Bupati Lampung Selatan Bersama Forkompimda Tanam Bawang Sekaligus Panen Semangka di Kebun Edukasi

Viral.! Wisata Terbaik di Lampung Selatan Raih Rekor Muri dan Juara Nasional ADWI 2023

OPTIMALISASI LENGKUAS SEBAGAI BAHAN BAKU SERUM WAJAH DAN HAND SANITIZER