Dinsos Kabupaten Bogor Libatkan Berbagai Pihak Dalam Penanganan ODGJ

BOGOR, INFODESAKU – Selama ini masalah kesehatan hanya terfokus pada kesehatan fisik, sementara kesehatan jiwa tampaknya masih terabaikan. Satu sisi masyarakat masih punya stigma negatif terhadap kesehatan jiwa dan di pihak lain pemerintah dalam program kesehatan jiwa, dalam hal ini ODGJ (Orang dalam gangguan jiwa).

Dinas Sosial bagian Rahabilitasi Sosial Kabupaten Bogor, Kecamatan Dramaga, Kades Sukadamai, TKSK, Satgas Pendamping ODGJ, Puskesmas, Palamartha melakukan Evakuasi dan penanganan ODGJ di Kampung Kuripan RT 05, RW 05 Desa Sukadamai, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (17/10).

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bogor Dian Mulyadiansah menuturkan, pihaknya coba memfasilitasi, menggerakan bersama element ikut bersama-sama bertanggung jawab membawa si pasien ke pelayanan medis, makanya dilibatkan pihak kecamatan, desa, pendamping ODGJ dan puskesmas.

“Selama ini yang menjadi kendala adalah dari sisi informasi karena masyarakat belum punya kesadaran untuk menyampaikan, bahkan di beberapa kejadian ketika ada anggota kelurganya mengalami gangguan jiwa tidak termasukan dalam Kartu Keluarga. Sementara sekarang berbasis NIK, sehingga ketika evakuasi ODGJ yang kita awali bagaimana melengkapi administrasi kependudukannya, BPJS nantinya kita akan proses dan fasilitasi,” pungkasnya.

Dalam hal ini Kepala Desa Sukadamai Pepen Supendi mengatakan didesanya ada dua ODGJ atas nama Ojang 28 tahun, Sukriadi 34 tahun warga kuripan desa sukadamai. Dari tahun 2016 tercatat ada 4 ODGJ yang sudah kita tangani, dan ditahun 2018 kali ini 2 orang yang alami gangguan jiwa.

“Sebelumnya memang sudah ada perawatan dan rehabilitasi dari Dinsos dan palamartha, karena dirasa sudah sembuh dibawa lagi sama pihak keluarga. Untuk saat ini alami gangguan jiwa lagi. Untuk kami beserta instansi terkait melakukan evakuasi lagi, yang nantinya kita bawa ke Rumah Sakit Marzuki Mahdi untuk perawatan medis,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Camat Dramaga Adi Henryana mengucapkan terima kasih kepada Kemensos, TKSK, Perangkat Kecamatan, Satgas ODGJ yang telah membantu dalam penanganan ODGJ diwilayah Dramaga.

Laporan : YUD

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove