Upacara Hari Kesktian Pancasila Kasdim Bacakan Amanat Panglima TNI

SUKABUMI, INFODESAKU – Komandan kodim 0607/Kota Sukabumi yang diwakili Kasdim 0607/Kota Sukabumi Mayor Inf Suntoro sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI, bertempat di lapangan upacara Makodim 0607/Kota Sukabumi, Minggu (01/10/2023).

Pancasila sebagai landasan negara Indonesia, adalah tonggak utama yang telah membawa kita melalui berbagai cobaan dan perubahan dalam sejarah. Pancasila telah berhasil mengikat keanekaragaman suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan tujuan nasional yang mulia, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan.

Sejarah panjang Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa Pancasila mampu melewati berbagai upaya pelemahan maupun upaya untuk menggantinya dengan ideologi lain. Pancasila tetap tegak berdiri dan mampu bertahan, bahkan telah menjelma menjadi identitas nasional yang kuat sekaligus tetap menjadi pemersatu bagi bangsa Indonesia yang sangat beragam.

Dalam momentum ini, mari kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila. Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik identitas.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga dan melindungi Pancasila adalah tugas kita bersama. Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari. Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara.

Sebelum mengakhiri amanat ini, mari kita sambut Hari Kesaktian Pancasila dengan semangat yang penuh kebanggaan dan tekad yang kuat untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila demi tercapainya cita-cita negara Indonesia. Mari kita amalkan Pancasila agar Bangsa Indonesia mampu untuk terus melaju menuju Indonesia maju..”Pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di ikuti seluruh anggota, Pns dan Balak Aju Kodim 0607/Kota Sukabumi

 

 

Laporan : BA

Related posts

Antisipasi Gangguan Kamtibmas Petugas Lakukan Komsos

TMMD Ke 117, Di Kab.Sukabumi Mobilitas Masyarakat Bisa Lebih Mudah Dalam Peningkatan Per Ekonomian

Tahun ajaran baru, Police Go To School Sambangi SMA Negeri 1 Kalianda