Menghadapi Pemilihan Umum, Bawaslu OKU Timur Adakan Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024

SUMSEL, INFODESAKU – Salah satu indikator negara demokratis ialah adanya Pemilihan Umum (Pemilu) yang bebas, Pemilu yang dilakukan sesuai dengan hati nurani, tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun, Hari ini Bertempat di Hotel Ardan Belitang Bawaslu OKU Timur adakan kegiatan sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif dalam menghadapi pemilihan umum tahun 2024, Selasa, ( 28/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu OKU Timur, Sunarto, S.P.,Kadiv Hukum dan penyelesaian sengketa, Aan Wijaya, S.P, yang merupakan pemateri pada hari ini, Ketua Pelaksana, Iman Sulaiman, S.P., M.Si., Kordiv. P2H Bawaslu OKU Timur, Bisri Mustopa, M.Pd.I., Anggota Bawaslu OKU Timur, Panwascam Se OKU Timur, Ketua KNPI, Ketua HMI, BEM STKIP Nurul Huda, BEM STIT Dan BEM STKIP Muhamadiyah OKU Timur.

Sebagai Pemateri Aan Wijaya, S.P yang juga merupakan Kadiv Hukum dan penyelesaian sengketa Bawaslu Menyampaikan terkait masalah pelanggaran yang terjadi selama ini kalau ada yang ngadu pelapor dibuat repot, harus ada bekeng, harus datang jika ada panggilan sidang untuk jadi saksi.

“UU 7 tahun 2017 Beda sama yang dulu, UU 7 tahun 2017 menguatkan pelapor, Bila ada kesalahan dan pelanggaran dalam pemilu yang paling aman dan efesien melaporkan adalah Mahasiswa jangan masyarakat. Mental mahasiswa masih sangat luar biasa, cara mahasiswa mengadukannya bawa nama Organisasi boleh, bawa nama BEM boleh pasti kami terima.” Papar Aan Wijaya.

Aan juga mengatakan pelanggaran bisa terjadi di lingkup publik pada tahapan Pemilu serentak nantinya, Titik Kampanye dan jadwal sudah di tetapkan oleh KPU dalam hal ini Bawaslu OKU Timur mengajak Mahasiswa, masyarakat, Tokoh Agama untuk bisa aktif dan terlibat menjadi Pemantau Pemilu dalam pengawasan partisipatif pada pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

“Panwascam juga harus aktif mengawasi pemilu mendatang, jadwal kampanye sudah dan titik kampanye sudah ditetapkan , mari bersama sama kita jelaskan ke masyarakat untuk menjaga pelanggaran – pelanggaran pemilu tahun 2024 agar pemilu bisa berjalan lancar”,pungkasnya.

Di akhir sosialisasi Ketua Bawaslu OKU Timur, Sunarto, S.P., mengatakan paska sosialisasi ini kita bareng bareng sukseskan pemilu di OKU Timur tahun 2024.

“Kami harap sosialisasi ini bukan hanya untuk berbisnis, kepada teman-teman semua agar bersama-sama untuk mengawasi pemilu, bila ada pelanggaran bisa di laporkan kepada kami”ujarnya.

Sunarto melanjutkan rekan-rekan semua khususnya untuk panwaslu kita harus berbuat adil dengan seluruh peserta, jangan karna itu keluarga kita ada pelanggaran seolah olah tidak tahu.

“Adik adik semua dari KNPI ataupun mahasiswa yang ada bila ada pelanggaran laporkan, kita bekerja sesuai dengan undang – undang berdiri tegak lurus sesuai amanat dari sumpah jabatan yang kita ucapkan kemarin, Rekan rekan mahasiswa jadilah agen objek, agen perubahan yang baik ayok kita bangun OKU Timur lebih baik,”Tutupnya.

 

Laporan : Imam Suryadi

Related posts

Apel Siaga Pemilu Tahun 2024 di Kecamatan Sukaraja, Ini Pesan Danramil

Target Tahun 2024 Jumlah Guru P3K di Kabupaten Bogor Bertambah

Forkopimcam Deklarasikan Pemilu Damai 2024 Bersama Partai Peserta Pemilu