Pemdes Sukabaru Melaksanakan Pelatihan Linmas Penguatan Dan Peningkatan Kapasitas

LAMSEL, INFODESAKU – Untuk meningkatkan Kapasitas Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sukabaru mengadakan pelatihan.yang dilaksanakan di balai desa Sukabaru Kecamatan Penengahan kabupaten Lampung Selatan, Kamis (21/12/2023).

Pemdes Sukabaru menghadirkan Narasumber Susanto Babinkamtibmas Sukabaru dari Polsek penengahan dan Kasi trantib dari kecamatan penengahan, di buka oleh kepala desa Sukabaru .

Sebanyak 25 peserta pelatihan linmas turut mengikuti pelatihan linmas penguatan dan peningkatan kapasitas ,tenaga keamanan lingkungan desa Sukabaru yang disampaikan oleh Nara sumber mulai dari teori sampai praktek, pelatihan diawali dari teori kemudian praktek PBB.

Abid Yusuf kepala desa Sukabaru mengatakan,” Kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam masyarakat.” Ucap Abid kades Sukabaru

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.,” tutup nya

 

Laporan : BR

Related posts

Bupati Nanang Ermanto Serahkan Insentif Tahap III Kepada 4.850 Guru di Lampung Selatan

Peringatan Hari Ibu Ke-95, Bupati Lampung Selatan : Tanpa Arahan Seorang Ibu Kami Laki-Laki Tanpa Arah

Mak Iti Lansia Yang Viral Ternyata Miliki Tiga Orang Anak, Ini Keterangan Kades Kalaparea dan Camat Nagrak