Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Pj. Bupati Bogor Serahkan KTP-el dan IKD Kepada Ribuan Pelajar SMKN 1 Cibinong

BOGOR, INFODESAKU – Guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, salah satunya dilakukan melalui penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) kepada 1.460 pelajar SMKN 1 Cibinong, yang dilakukan langsung oleh Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu, yang berlangsung di SMKN 1 Cibinong, Senin (29/1/24).

sama diketahui, bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilh pemula pada Pemilu tahun 2024, berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat perihal himbauan pencatatan KTP-el bagi pemilih pemula di satuan pendidikan tingkat SMA/SMK/SLB se-Jabar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, membuka layanan perekaman KTP Elektronik di 40 kecamatan dengan sasaran seluruh menengah atas SMK/SMK/SLB se-Jawa Barat. Terumata kepada siswa dan siswi sebagai pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Potensi Pemilu.

hal. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, selain KTP-el juga dilakukan aktivasi Indetitas Kependudukan Digital (IKD) yang dapat diakses melalui aplikasi pada play store atau Apps Smart Phone .

“IKD dan KTP-el saling melengkapi sehingga setiap penduduk dihimbau memiliki keduanya untuk memastikan keaktifan data diri dalam berbagai layanan publik,” ujar Pj. Bupati Bogor.

Lanjut Asmawa Tosepu menerangkan, sesuai amanat UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu dan UU no 1 tahun 2015 Jo UU No 6 tahun 2022 bahwa salah satu peran pemerintah daerah adalah melalukan pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik.

“Tinggal 17 hari lagi kita Pemilu menuju serentak pada 14 Februari 2024. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh warga sekolah SMKN 1 Cibinong dan siswa dan siswi yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak suara pada 14 Februari 2024 nanti, jangan golput,” bebernya.

Menurutnya, generasi muda harus mengawal pembangunan bangsa, dengan cara menggunakan hak pilih dengan optimal. Agar bermanfaat bagi kemajuan dan masa depan bangsa Indonesia.

“Sikapi informasi politik dengan bijak, jadilah pemilih yang cerdas. Ingat pilihan boleh berbeda tapi persatuan dan kesatuan bangsa harus terus kita jaga,” imbuhnya.

Turut hadir mendampingi Pj. Bupati Bogor, Kepala Disdik dan Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor. (Red)

Related posts

Anggota Koramil 0621-02/Sukaraja Lakukan Pengecekan Kotak Suara Pemilu 2024

Babinsa Hadiri Bimtek KPPS Desa Cilebut Barat

Pj. Bupati Bogor Sebut Inovasi Kunci Terciptanya Layanan Masyarakat Yang Prima