Mitra Bentala dan Dinas BPBD Bekerjasama Membentuk Desa Tangguh Bencana ( Deatana) Di Desa Maja 

LAMSEL, INFODESAKU – komunitas Bentala bersama Dinas BPBD kabupaten Lampung melaksanakan pembentukan Destana ( Desa Tangguh Bencana) yang dilaksanakan di desa Maja kecamatan. Kalianda kabupaten Lampung Selatan, Kamis (07/03/2024).

Dewi selaku koordinator program Sprin yang sedang menjalankan program di desa Maja mengatakan, pembentukan Destana hari ini tujuannya untuk membentuk masyarakat yang lebih tangguh terhadap bencana dan memilik pengetahuan lebih daripada masyarakat lainnya terkait bencana ” ujar dewi koordinator program Sprin.

Mengenali tanda – tanda terjadinya bencana sehingga mereka bisa mengedukasi kan masyarakat yang lain, mereka sebagai tameng utama untuk masyarakat yang lain, jadi kita berikan latihan tentang kebencanaan, ” terang Dewi.

Wahyu dari dinas BPBD kabupaten Lampung Selatan menambahkan,” kegiatan ini adalah kegiatan yang positif, dalam rangka membangun ketangguhan Desa dan menambah kapasitas masyarakat Desa dalan menghadapi bencana ,” ujar Wahyu

Mitra Bentala melalui program dan Adpc itu pembentuk Destana di desa Maja, pembentukan Destana ini menjadi ikhtiar yang konkret dari mitra Bentala kerjasama dengan BPBD dan PMI, bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat yang berada di zona rawan bencana ,”papar Wahyu

Tentu nya disini kita berharap mitra Bentala mampu mengenerjais segala sumber resource yang ada di desa, baik individu maupun organisasi – organisasi bisa bahu membahu dan konteks pengurangan resiko bencana di desa maja, “jelas wahyu.dari dinas BPBD kabupaten Lampung Selatan.

Arlizon, SH kepala Desa Maja sangat berterima kasih adanya mitra Bentala bekerjasama BPBD kabupaten Lampung Selatan, artinya mereka ada niatan membentuk desa tangguh bencana di desa Maja dan desa klawi, juga sudah bisa mengajak warga desa Maja berorganisasi, ucap Arlizon kepala Desa Maja saat diwawancarai awak media

Ditempat yang sama Ahmad Yadi,SE sekretaris desa Maja menambahkan ,” Relawan yang kita tunjuk di desa Maja khusus untuk menangani bencana , baik desa Maja ataupun nanti diluar desa Maja,” ujar Ahmad Yadi .

Dengan adanya Tim ini , pelatihan ini, semoga saja bisa memaksimalkan bila terjadi bencana di desa Maja, semua warga di desa Maja bisa terkaper, tertangani dengan baik dan benar,” pungkasnya.

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Kapolres Lampung Selatan Sambangi Warga Desa Baru Ranji Yang Terdampak Bencana Angin Puting Beliung

Program TMMD Ke – 19 Tahun 2024 Rehab RTLH, Mimpi Mbah Sumari Akan Segera Terwujud

Pemdes Girijaya Rampingkan Penerima BLT-DD 2024 Dengan Musyawarah