B2SA Go To School, dr. Sheila : Modal Utama Belajar Itu Sehat, Makanlah Pangan B2SA

SUMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan mengadakan Sosialisasi B2SA Ke Sekolah-Sekolah di Kabupaten OKU Timur yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 2 Mei hingga 4 Mei.

Sosialisasi B2SA ini dikemas dalam sebuah kegiatan dengan tajuk B2SA Go To School yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti Dongeng, Edukasi Interaktif, Pemberian Meechandise, Pemberian Pangan B2SA dan Penyerahan Media Promosi B2SA.

Jika sebelumnya tepat pada hari Kamis, 2 Mei 2024 Sosialisasi B2SA dilakukan di SD Negeri 20 Martapura maka pada hari ini Jum’at, 3 Mei 2024 kegiatan B2SA Go To School berlangsung di SMP Negeri 1 Martapura.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes didampingi Pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan Martapura. Selaku penyelenggara dari Dinas Ketpangnak Provinsi Sumsel hadir Kepala Seksi Penganekaragaman Pangan Lasmi Yamin, S.Pi.

Rombongan Tamu Undangan disambut langsung oleh Kepala SMP Negeri 1 Martapura Sugiyani, M.Pd. serta turut hadir dari Unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur, Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur serta Dinas Kesehatan OKU Timur.

Dalam Bimbingan dan arahannya, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes mengatakan bahwa begitu pentingnya edukasi tentang Pangan B2SA yaitu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman. Tujuannya agar kesehatan tubuh terjaga, pertumbuhan sempurna (pada anak-anak), zat gizi tersimpan, dan aktivitas fungsi kehidupan sehari-hari berjalan optimal.

“Modal utama belajar itu adalah sehat, jika pusing-pusing, mengantuk, lemas, letih dan demam, bagaimana mau belajar dengan baik. Maka mulai dari sekarang harus punya kesadaran untuk mengkonsumsi pangan B2SA. Membawa bekal ke sekolah harus B2SA, makan di rumah harus B2SA, sebab tidak ada satu makanan yang memenuhi semua nilai gizi, makanya harus beragam”, jelasnya. Jum’at (03/05/2024).

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Martapura Sugiyani, M.Pd menyambut dengan baik program kegiatan B2SA Go To School. Ia bersama dengan jajaran guru berkolaborasi dengan para siswa siswi menyajikan beraneka ragam pangan B2SA pada acara tersebut.

“Terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan yang telah mengadakan kegiatan ini di sekolah kami. Tak lupa kami juga sampaikan terimakasih atas kehadiran Ibu Ketua TP PKK OKU Timur yang selalu memberikan dukungan kegiatan positif yang ada di sekolah termasuk kegiatan sosialisasi B2SA ini”, ungkapnya.

Kepala Seksi Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Lasmi Yamin, S.Pi menjelaskan Program B2SA Go To School merupakan instruksi Badan Pangan Nasional sebagai upaya mewujudkan tujuan penganekaragaman pangan yang selaras dengan visi pembangunan Sumber Daya Manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

“Kita selalu menekankan bahwa kenyang itu tidak harus nasi, yuk makan sayur dan buah setiap hari seperti yel-yel kita, Makan Enak Makan Sehat Makan B2SA, Habiskan. Ingat isi piringku, 1/3 Makanan Pokok, 1/3 Sayuran, 1/6 Lauk Pauk, dan 1/6 Buah-buahan”, jelas Lasmi Yamin, S.Pi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Pangan B2SA kepada siswa-siswi, penampilan tari kreasi pangan B2SA, serta penyerahan alat peraga sosialisasi pangan B2SA. (Imam Suryadi)

Related posts

Pemkab Lamsel Kembali Serahkan Bantuan Bedah Rumah kepada Dua Orang Warga di Jati Agung

Memaknai Hari Pendidikan Nasional 2024, SMA Negeri 2 Kalianda, Bergerak Bersama Melanjutkan Merdeka Belajar

Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Lampung Selatan Adakan Donor Darah