Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018, dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari sampah “. Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan bersih-bersih di Pantai Wisata Citepus, Palabuhanratu, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi (SEKDA) H. Iyos Somantri. Jum’at, (09/03).

Dalam sambutannya, Sekda menerangkan bahwa, kegiatan HPSN jangan hanya sebatas seremonial semata, tetapi harus dimaknai lebih dalam sehingga mampu meningkatkan kolaborasi semua pihak guna mewujudkan Indonesia terbebas dari sampah.

“Kita ingin memerangi sampah dan peduli sampah dalam rangka peringatan HPSN 2018. Bahkan tidak hanya pada hari ini saja, tetapi tiap hari kita harus peduli terhadap sampah karena jika sampah di biarkan maka akan memberatkan kondisi lingkungan menjadi kotor, ” jelas Sekda.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya keras agar permasalahan sampah terus bisa diatasi dengan membentuk Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perkimsih yang salah satu tugas nya adalah untuk meningkatkan kebersihan lingkungan agar dapat dikelola dengan baik.

“Apalah arti Pemerintah kedua Dinas tersebut kalau masyarakat tidak ikut berperan aktif karena itu perlu sinergitas perlu kerjasama yang baik antara Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat yang ada, ” ujar sekda

Lanjutnya, Sekda pun mengajak kepada seluruh komponen masyarakat agar terus menjaga kebersihan.

“Bersih itu adalah kebutuhan, saya kira kita setiap hari terus membersihkan diri tetapi Lingkunganpun harus kita bersihkan setiap hari, yuk kita sama-sama perangi sampah dengan baik dan tingkatkan rasa kenyamanan dan keamanan di lingkungan kita,” ajaknya

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi, Ir. Abdul kodir dan juga selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan, bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu merupakan rangkaian kegiatan dalam tiga bulan bersih sampah (TBBS) yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia sejak tanggal 21 Januari sampai dengan 21 April 2018.

”Kegiatan ini Juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 yang dilaksanakan ditingkat Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Abdul kodir pun menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan bersih-bersih Pantai Citepus ini diikuti oleh berbagai Perwakilan yang ada di wilayah sekitar.

“Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Sukabumi, Perwakilan Sekolah yang ada di Wilayah Kota Palabuhanratu, LSM, Ormas, Para Pemilik Rumah Makan, Pedagang dan Masyarakat yang akan melaksanakan bersih-bersih sampah di Kota Palabuhanratu dalam mewujudkan Kota Palabuhanratu yang bersih dan teduh, “paparnya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan Rompi kepada 15 orang anggota Patroli Sungai yang di berikan secara simbolis oleh Sekda kepada 2 orang perwakila.

Seusai acara berakhir, Sekda langsung melanjutkan kegiatannya dengan memantau beberapa titik tempat yang disinyalir masih kurang dalam penanganan kebersihan. Diantaranya, kawasan Pantai Sukawayana, Terminal Palabuhanratu dan Tempat Pengolahan Sampah Pasar Palabuhanratu.

laporan : BEN

Related posts

Bupati Lampung Selatan Bersama Forkompimda Tanam Bawang Sekaligus Panen Semangka di Kebun Edukasi

Viral.! Wisata Terbaik di Lampung Selatan Raih Rekor Muri dan Juara Nasional ADWI 2023

OPTIMALISASI LENGKUAS SEBAGAI BAHAN BAKU SERUM WAJAH DAN HAND SANITIZER