Jangan Diskriminasikan Pengidap ODHA

TANGERANG, INFODESAKU – Stigma sebagian masyarakat terhadap Pengidap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) masih tinggi. Untuk menghilangkan Stigma buruk terhadap pengidap HIV/AIDS dibutuhkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, hal tersebut diungkapkan Sekda Jaringan Indonesia Positif (JIP) Banten Irwanto saat memberikan keterangan pers di Tangerang, Kamis, (14/2).

Menurut Irwanto ia menuturkan, bahwa untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 terdapat tiga tujuan besar yang ingin dicapai sebagai pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS. Untuk mewujudkan itu, ditargetkan Three Zero.

“Tidak ada lagi penularan HIV tidak ada lagi kematian akibat AIDS, serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi baik pada ODHA populasi kunci maupun kelompok rentan, maka Nol diskriminasi dalam penanggulangan HIV masih menjadi tantangan kita,” katanya.

Madih kata Irwan ia menambahkan, saat ini masih banyak perlakuan diskriminasi terhadap pengidap HIV AIDS Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu berita mengenai lima anak yang positif HIV di Samosir, Medan yang tidak diperbolehkan bersekolah seperti anak–anak lainnya oleh masyarakat sekitar kemudian populasi kunci karena identitas gender sebagai gay dan transpuan sering kali menghadapi perlakuan berbeda ketika berhadapan pada akses layanan begitu pun dengan pekerja seks dengan latar belakang pekerjaan mereka, selain itu karena stigma pada penasun salah satu contohnya ketika mengakses ARV banyak kejadian perbedaan pelayanan yang diberikan.

“Tidak seorang pun boleh menghadapi diskriminasi karena persoalan umur, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, kecacatan, ras, status etnis, Bahasa, status kesehatan termasuk HIV, lokasi geografis, status ekonomi atau status sebagai migran atau karena alasan lainnya. Persoalan diskriminasi yang terjadi justru kemudian melemahkan berbagai upaya penanggulangan HIV yang sudah dilakukan. Diskriminasi tidak akan hilang tanpa peran aktif dan tindakan dari masyarakat.” Pungkasnya.

Laporan : Wiji Lastini

Related posts

PWI Jabar Gelar Roadshow Ukw Di Ikuti Peserta 59 Wartawan Dari Berbagai Daerah

Ratusan Anggota Kwarcab Di Anugrahi TPOD Oleh Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jabar

Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan Penyampaian Ranperda Apbd Lamsel Tahun Anggaran 2023