Pemdes Cijengkol Ditengah Pademik Terus Berinovasi

SUKABUMI, INFODESAKU – Setelah diresmikannya Desa Cijengkol sebagai desa digital tahun lalu oleh Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami kini Desa Cijengkol kembali melakukan inovasi untuk pelayanan administrasi melalui mesin elektronik mirip seperti mesin ATM sebagai alat transaksi pelayanan surat menyurat.
Pemerintah Desa yang bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol bersatu berhasil membuat sebuah inovasi baru. Rabu, 15/ 4

Fery Sanjaya selaku ketua KIM Cijengkol Bersatu, yang juga salah satu pentolan Pemuda Pelopor Jabar menjelaskan Desa digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam upaya pengembangan potensi desa dalam pemasaran produk, dan percepatan akses layanan terhadap masyarakat dengan menciptaka inovasi baru berupa mesin yang dapat membuat surat pengantar SKCK, SKTM, SKTM Belajar, SKU, Domisili Usaha, Domisili Pesantren, Domisili Ormas, Domisili Warga, Surat Kematian, Surat Kelahiran, Surat Keterangan Cerai, Keterangan Ahli Waris, Pengantar Nikah, Pengantar Akta Lahir, Domisili Sekolah dan surat Izin Keramaian, mesin ini merupakan hasil Kolaborasi antara Pemerintahan desa dan KIM dibawah binaan Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Sukabumi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

” Kita selalu konsulkan ke Diskominfosan Kabupaten Sukabumi dalam pembuatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terkait aplikasi ini dan dinamai SIPELEM (Sistem Pelayanan Elektronik Mandiri)
dan ini yang kasih nama Kadis DPMD Pak Thendy,” pungkasnya.

Ditempat berbeda Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri mengaku dirinya akan terus mendukung dalam pengembangan Desa Digital. Desa Cijengkol memang menjadi pilot projek di Kabupaten Sukabumi khususnya dalam pelayanan desa digital dan fokus mendorong Desa Cijengkol dalam pengembangan mesin pelayanan publik secara digital yang diuji cobakan didesa itu.

” Jika Desa Cijengkol sukses, baru kita akan berlakukan disemua desa artinya Cijengkol menjadi rujukannya,” jelas Bima sapaan akrab Herdy.

Sementara Itu, Kepala Desa Cijengkol Haer Suhermansyah menjelaskan Sistem kerja mesin yang diberi nama SIPELEM masih dalam tahap pembuatan dan uji coba rencanannya akhir bulan Mei akan dilaunching dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

” Penggunaannya memang terbilang mudah, dimana masyarakat tinggal input sendiri seperti layaknya mesin ATM dan memilih surat apa yang dibutuhkan, di konfirmasi oleh desa lalu cetak,” jelasnya.

Kades menambahkan mesin tersebut akan dilengkapi dengan handsanitizer sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus corona.

Laporan : KF/ BA

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi