Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

BOGOR, INFODESAKU – Guna Melestarikan adat istiadat atau budaya Pemerintah Desa Bendungan Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Hajat Bumi yang mana kegiatan tersebut biasa dilaksanakan setiap tahunnya.

Kepala Desa Bendungan Hj. Nemi Nuraeni mengatakan, hajat bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas semua karunianya yang memberikan hasil panen yang melimpah kepada warga Desa Bendungan.

“Acara sedekah bumi ini sudah merupakan tradisi tahunan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Bendungan umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, serta rizki yang melimpah,” ungkap Nemi saat ditemui oleh awak media pada Rabu (24/05/2023).

Ditambahkan Nemi bahwa kegiatan Sedekah Bumi tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya dan terdapat lomba dongdang, yaitu menghias tempat membawa makanan atau barang hantaran dengan menggunakan hasil bumi masyarakat. Gelaran lomba dongdang ini sebagai upaya menaikan parawisata desa.

“Dongdang diarak terlebih dahulu sampai perbatasan desa. Setelah selesai diarak, kemudian dinilai dilombakan. Ada 7 dongdang dari 7 RW,” jelas Nemi.

Dikatakan Nemi bahwa gelaran ini murni swadaya masyarakat Desa Bendungan bahkan warga Desa Bendungan yang merantau misalnya dari Jakarta, turut serta memberikan kontribusi. Selama dirinya menjabat sebagai Kepala Desa selama 3 tahun, dirinya sudah menyelenggarakan tiga kali. Dirinya berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan ini.

Sementara itu Camat Jonggol, Andri Rahman, S.STP, M.Si yang juga hadir dalam kegiatan ini, mengapresiasi kegiatan sedekah bumi yang diselenggarakan oleh Masyarakat Desa Bendungan dan Kepala Desa Bendungan Hj Nemi Nuraeni, hal ini menunjukan bukti kebersamaan masyarakat Desa yang berikhtiar dan mensyukuri hasil bumi yang didapatkan dan menjaga kelestarian tradisi.

“Agar kondusivitas juga dijaga, karena ini adalah pestanya masyarakat bersama di Desa Bendungan, sehingga satu dan lainnya tetap menjaga kondusitvitas menjaga keamanan dan ketertiban” Pungkas Camat Jonggol mengakhiri wawancara.

 

 

Laporan : EPF

 

 

 

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau