Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove

LAMSEL, INFODESAKU – Jaga ekosistim laut,personil kodim 0429/Lamtim, tanam 1000 pohon bibit mangrove di hutan mangrove ,Desa sriminosari , kecamatan Labughan Maringgai ,Lampung timur ,Selasa ,(11/4/2023).

Dalam ketengannya , Dandim 0429/ Lamtim , Letkol CZI. Indra puji Triwanto,SH . Mengatakan ,bahwa penanaman ribuan batang pohon mangrove merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan hidup dan tindak lanjut dari pemerintah dan panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono .S.E .,M.M., C,S,F,A.

” Mudah – mudahan dengan penanaman mangrove ini mampu menjaga kualitas udara sehingga mencegah terjadinya pemanasan global,” terang Dandim.

Tidak hanya itu, penanaman mangrove ini di harapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari Abrasi ,menghambat intrusi air , memperbaiki lingkungan pesisir pantai , dan memperbaiki habitat pantai serta dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya,” imbuhnya.

Di ketahui bahwa hutan mangrove di Indonesia sekitar 8,6 juta hektar, terdiri atas 3,8 juta hektar di dalam kawasan hutan dan 4,8 juta hektar di luar kawasan hutan.

Kerusakan hutan mangrove di dalam kawasan hutan sekitar 1,7 juta hektar atau 44,73 persen dan kerusakan di luar kawasan hutan 4,2 juta hektar atau 87,50 persen, antara tahun 1982 – 1993 telah terjadi pengurangan hutan mangrove seluas 513,670 hektar atau 46,697 hektar pertahunnya.

Sementara dalam aksi penanaman 1000 pohon mangrove ini melibatkan sekitar 30 orang , terdiri dari personil Kodim 0429/ Lamtim , personil Marinil .polri ( Polairud dan Polsek ) komonitas pecinta alam, Saja Wira Kartika , perangkat desa serta masyarakat.

 

Laporan : Ridwan

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Ratusan Polisi RW Diluncurkan Di Sukaraja, Siap Jaga 3600 RW Se Kabupaten Bogor

Pasca Lebaran Petugas Gabungan Lakukan Patroli Bersama