Dr. Dwi Seno Wijanarko, SH., MH mengomentari Stabilitas Keamanan di Papua

JAKARTA, INFODESAKU – TNI-Polri terus hadir menjaga keamanan dan ketertiban di Republik Indonesia. Pada Sabtu (28/112020), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Irwasum Polri Komjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., melaksanakan kunjungan kerja ke Bumi Cenderawasih.

Kunjungan kerja tersebut digelar dalam rangka bersilaturahmi dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat Papua. Kegiatan yang dihadiri oleh Pejabat Utama TNI-Polri itu juga diselenggarakan untuk memastikan stabilitas keamanan di Papua.

TNI bersama Polri mengedepankan upaya preventif dalam upaya penegakan hukum di Papua.

“Apabila ada permasalahan keamanan di Papua, maka harus dikomunikasikan dengan baik. Misal apabila ada pasukan TNI-Polri yang datang ke Papua, maka komunikasi antara masyarakat dan aparat keamanan dapat terjalin dengan baik. Pendekatan untuk menangani Papua saat ini adalah pendekatan penegakan hukum bukan pendekatan militer. Jadi saya tekankan bahwa saat ini yang dikedepankan adalah penegakan hukum, namun tetap diawali dengan pendekatan preventif,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si.

Ditempat terpisah Pengamat kebijakan Hukum dan Publik Dr. Dwi Seno Wijanarko, SH., MH mendukung mendukung stabilitas keamanan yang di lakukan TNI Polri.

“perbantuan (BKO) TNI kepada Polri sebenarnya sudah diatur secara umum dalam UU Kepolisian, khususnya pasal 41 UU No. 2 Tahun 2002, sinergi TNI Polri dalam menjaga keamanan di Papua memberikan perlindungan, ketentraman serta kesejahteraan kepada masyarakat Papua secara luas, ” jelas Dr. Seno

Laporan : Faisal

Related posts

Antisipasi Longsor Pemdes Cikeas Bangun Tembok Penahan Tanah Melalui Program Samisade

Launching Samisade Desa Cikeas, Begini Kata Danramil

Peduli Lingkungan Danramil Sukaraja Lakukan Penanaman Pohon