Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mulai hari ini, Rabu (14/6/23) melaksanakan aksi pengangkutan sampah yang berada di Kp. Masjid RT 01/04 Desa Bojonggede Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor hingga beberapa hari ke depan. Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi dan arahan langsung Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan beberapa waktu lalu.

Sedikitnya empat armada truk sampah diterjunkan untuk mengangkut sampah tersebut dan membawanya ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga. Pengangkutan sampah dilakukan secara kolaborasi dengan melibatkan berbagai pihak seperti tim petugas dari DLH Kabupaten Bogor, petugas dari UPT Cibinong juga melibatkan bantuan tenaga dari UPT Jasinga, RT, RW dan masyarakat sekitar.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli mengatakan, aksi pengangkutan sampah hari ini dilakukan secara gotong-royong dengan menurunkan empat armada truk sampah.

“Hari ini empat armada dulu kami turunkan untuk mengangkut sampah di Kp. Masjid RT 01/04 Desa Bojonggede, karena armada lainnya sedang beroperasi mengangkut sampah-sampah dari berbagai wilayah Kabupaten Bogor ke TPAS Galuga hingga pukul 17.00 WIB nanti,” jelas Ismambar.

Lanjut Ismambar menerangkan, aksi pengangkutan sampah akan dilakukan secara bertahap hingga beberapa hari ke depan sampah nol sampah di lokasi tersebut. “Ini akan kami lakukan hingga zero sampah, dan lingkungan di kawasan tersebut bisa kembali bersih seperti yang diharapkan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan apabila ditemukan kandungan sampah pembohong di wilayahnya masing-masing. Bahkan sangat terbuka jika ada masyarakat yang ingin bekerja sama dengan DLH yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengangkutan sampah. Untuk meminimalkan terjadinya tumpukan sampah pembohong di sembarang tempat yang dapat mencemari lingkungan.

“Kami juga membutuhkan data lokasi mana saja yang memang membutuhkan bantuan pengangkutan sampah oleh DLH. Jika tidak ada laporan maupun aduan kami juga akan kesulitan begitu pentingnya kerjasama,” bebernya.

Selanjutnya, Subkordinator Penanganan Sampah pada Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Acep Syihabudin menjelaskan, terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) kerjasama pengangkutan sampah adalah dimulai dari pengajuan pengajuan kerjasama pengangkutan sampah dari RT, RW yang ditujukan ke DLH Kabupaten Bogor melalui UPT di wilayah masing-masing. masing-masing.

“Saat permohonan sudah diterima, kami kemudian melanjutkan dengan pembuatan kerjasama. Lalu kami baru melarang jadwal pengangkutan sampahnya, bisa seminggu sekali juga bisa 2 minggu sekali,” terang Acep

Kemudian, Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina menyatakan, terima kasih atas respon cepat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor, dengan melaksanakan aksi pengangkutan sampah dengan empat armada truk sampah.

“Terimakasih, tentunya kami sangat terbantu dengan kehadiran tim pengangkut sampah dari DLH. Ini bisa mempercepat rencana kami untuk segera menutup tempat penampungan sampah di lokasi tersebut,” imbuh Kades Bojonggede.

 

Laporan : EPF

Related posts

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Petugas Lakukan Pengamanan Penyaluran Bantuan Beras Warga Cilebut Barat

Lampung Selatan Raih 3 Stand Terbaik Tingkat Provinsi Dalam Gelaran Tehnologi Tepat Guna Nusantara Nasional