Cermati Bencana, Bupati Sukabumi Minta Masyarakatnya Jaga Lingkungan

SUKABUMI, INFODESAKU – Akhir-akhir ini perubahan cuaca yang begitu extrime di sejumlah daerah yang menambah daftar panjang bencana alam, , seperti salah satunya yang terjadi di Palabuan Ratu, Kabupaten Sukabum,i dengan adanya bencana banjir yang merendam sejumlah titik hingga kantor pemerintah desa pun ikut terendam pada sabtu (24/03/2018) lalu.

Walaupun bencana yang terjadi tidak begitu parah, hal tesebut menjadi perhatian Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan mengintruksikan jajarannya untuk menyikapi, menanggulangi, memantau serta melaporkan setiap kejadian yang terjadi wilayah Kabupaten Sukabumi. Selasa, (27/03).

Bupati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk waspada dan sama sama mencermati lingkungan di sekitar.

“Masyarakat diharapkan untuk mencermati kondisi lingkungan, menjaga dan selalu waspada dengan kondisi yang terburuk, apalagi keberadaan rumah mereka ada dipinggir kali atau tebing,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta setiap kegiatan yang dilakukan agar memperhitungkan dampak bencana yang akan ditimbulkan, dirinya mencontohkan dengan adanya kejadian bencana banjir yang terjadi di Palabuan Ratu.

“Dua hari terus terusan hujan saja Pelabuan Ratuterendam banjir karena kirman dari daerah penyangga yang saat ini sudah gundul. Oleh karena itu, kami himbau juga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga tidak menebang pohon dihulu dengan sembarangan, juga bisa saling mengawasi ketika ada penebangan pohon,” pintanya.

“Pergeseran lahan juga harus bisa diantisipasi lebih awal dan tidak membiarkan sampai bencana terjadi. Persiapkan penghijauan lanjutan untuk di tanami kembali. ” pungkasnya dengan tegas.

Laporan : BEN/HS

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023