Peserta Diklatpim Jakarta Sambangi Dua Desa di Lampung Selatan

LAMSEL, INFODESAKU – Desa Kemukus dan Desa Bangun Rejo, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan dipilih sebagai salah satu lokasi peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN), khususnya dalam bidang kesehatan.

Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta ini akan melakukan kegiatan lapangan di Desa Kemukus dan Desa Bangun Rejo salah satunya untuk melihat kondisi stunting anak balita.

Pantauan Infodesaku di Desa Kemukus, tampak peserta VKN melakukan pengecekan Kesehatan di beberapa rumah warga yang terindikasi Stunting.

Muhamad Budi, salah satu peserta VKN, terkait adanya temuan stunting di Desa Kemukus, dirinya beserta tim mengamati keluarga yang terindikasi Stunting dan memberikan penyuluhan kesehatan.

“Kami beserta tim terjun langsung melihat, mengamati dan membantu masyarakat yang terindikasi Stunting, satu di Desa Bangun Rejo dan satu lagi di desa Kemukus. Selain itu juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan terutama kepada balita,” tuturnya.

Sementara itu, Imam Junaidi, Kepala Desa Kemukus mengatakan sebanyak 58 anak yang terindikasi stunting di kunjungi peserta VKN.

“Sebanyak 58 orang anak dari dua Desa yakni Desa kemukus dan Desa Bangun Rejo, terindikasi Stunting, menurut info ada 32 anak di Desa Bangun Rejo yang juga terindikasi,” akunya.

Masih kata Imam terkait adanya balita yang terindaksi Stunting, dirinya berharap kepada Pemda agar menambahkan fasilitas kesehatannya dengan membangun gedung Posyandu dan sanitasi lingkungan.

“Harapan saya kepada Pemkab Lampung Selatan agar membangun fasilitas kesehatan seperti menambahkan gedung Posyandu dan sanitasi lingkungkan semacam drainase serta jambanisasi walaupun kita nanti membangunnya pakai Dana Desa setidaknya Pemkab menyetujuinya.” harap Imam Junaidi.

Laporan : Safarudin/Taufik

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan