Yunias : Pelaksanaan Pembangunan Sesuai PKT Dan HOK 30 Persen Dari Anggaran Biaya

LAMSEL, INFODESAKU – Pembangunan   dengan menggunakan Dana Desa (DD) terus di kerjakan oleh seluruh desa di tanah air,  baik pembangunan infrastruktur maupun pembangunan gedung, contohnya Desa Pematang baru Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan salah satu desa yang mulai membangun gedung PAUD,Rehap Polindes, Pembangunan talud dan drainese menggunakan anggaran DD tahap II.

Pembangunan tersebut diawali dengan acara peletakan batu pertama oleh Rika Wati S.STP.MM.Camat Palas di dusun 003 Rt 005 Desa Pematang Baru di hadiri Yunias Kades Pematang Baru beserta aparatur, Kasi Ekobang Suyadi,SE, Kasubbag Umum Septa Oksal Gunawan Kecamatan Palas, Babinsa Serda. Heri Siswanto, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Idaria,S.Sos, Pendamping Lokal Desa (PLD), Indah Mustika Wuni.Tim Pelaksana Kerja (TPK), Ramli.Selasa (14/8).

Yunias Kades Pematang Baru saat di hampiri pewarta media ini usai peletakan batu pertama mengatakan kondisi Gedung Polindes saat  ini sudah tidak layak huni dan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menumpang di rumah kosong milik warga.

“Karena sebagian besar bangunan gedung Polindes mengalami kerusakan yang dikhawatirkan pada saat dilakukannya pelayanan kesehatan, masyarakat merasakan tidak nyaman maka di lakukanlah perehaban secara total dan selama ini didesa ini belum mempunyai gedung PAUD masih menumpang dirumah kosong milik seorang warga sehingga pembangunan Gedung PAUD menjadi prioritas pembangunan dari ADD 2018 tahap II,” Katanya.

Kemudian ia menerangkan tujuan pembuatan talud atau Drainase yang menurutnya untuk mengurangi kelebihan air dari suatu lahan sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal.

“Selain dari mengurangi kelebihan air, Drai nase juga sebagai pengendali meluapnya air  kepermukaan dengan tindakan untuk memperbaiki tempat  yang becek akibat genangan air serta mengendalikan terjadinya erosi pada tanah yang menimbulkan kerusakan pada jalan dan bangunan yang ada disekitarnya serta mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tdk terjadi kebanjiran,” Jelasnya.

Yunias menambahkan, Dalam pengerjaan di laksanakan oleh warganya.

“Pengerjaan ini dilaksanakan oleh masyarakat lingkungan desa Pematang Baru sesuai dengan Padat Karya Tunai (PKT) Harian Orang Kerja (HOK) 30% dari anggaran biaya,” Tambahnya.

Iapun memberikan rincian anggaran, jenis pembangunan serta volume, Dianataranya :

  1. Dusun 003/005 Desa Pematang Baru melakukan Rehap Polindes dengan besaran anggaran Rp. 50.000.000,Dusun 003 / 005 Desa Pematang Baru pengerjaan Penahan Tanah (Talud) dengan ukuran :
    Panjang : 36 Meter
    Tinggi : 0,5 Meter
    Anggara : Rp. 25.000.000.
  1. Dusun 003 / 005 Desa Pematang Baru pembuatan Drainese dengan ukuran :
    Panjang : 248 Meter.
    Tinggi : 0,45 Meter.
    Anggaran : Rp. 94.646.600,-
  1. Dusun 003 / 005 Desa Pematang Baru Pembangunan Gedung PAUD dengan ukuran :
    10 X 12 Meter.
    Anggaran : Rp.190.000.000,-

Laporan: SAFARUDIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden