Ratusan Anggota Satpol PP Kabupaten Tangerang Ikuti Bimtek

TANGERANG, INFODESAKU – Sejumlah narasumber seperti Ahmad Hidayat dari Kesbangpol, Asep Kabag Humas, dan Kosrudin Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangerang, Ratusan anggota Satpol PP mengikuti Bimbingan Tehnik (BIMTEK) di gedung serba guna (GSG) Tigaraksa Tangerang, Rabu (10/10).

Hal tersebut dilakukan, mengingat sebagai perangkat daerah dalam memelihara dan menggerakan ketentraman, ketertiban umum, serta mencegah peraturan daerah dan peraturan wilayah yang profesional dan berintegritas. Program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan pada kegiatan, pelatihan dasar serta teknis aparatur Satpol PP di 2018.

Arsudin Kasi Pembina Satpol PP kepada awak media mengatakan, acara ini merupakan kegiatan rutin sering diselengarakan selain kebugaran anggota, mereka juga di berikan pembekalan yaitu materi-materi dari OPD, terkait BKPSDM, BAPEDA, HUKUM, KESBANGPOL dan BPPD. jadi mereka di berikan pengetahuan dan pembekalan.

“Apabila nanti dalam menjalankan tugas tidak menyalahi aturan. Berkaitan dengan keamanan saya selaku kasi pembinaan aparatur jadi mempersiapkan pembekalan agar anggota baik fisik atau mental siap dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini, lanjut ia, karena rutin tiap tahun dilaksanakan, salah satunya kamarin sudah dilaksanakan, selain PBB, pembinaan fisik dan beladiri, Satpol PP di lapangan itu butuh keterampilan, pelatihan fisik rutin dengan waktu sebulan beberapa kali, kalau ini sudah di laksanakan 14 hari. selaku pembina Satpol PP, setelah diberikan pembekalan bisa melaksanakan tugas dengan sebai-baiknya.

“Karena dilapangan banyak hal seperti penertiban bangunan liar, PSK, itukan perlu dibekali. Katakanlah peraturan-peraturan, selain itu fisik juga harus menunjang itu yang utama. Satpol PP ada anggota PNS ada juga non PNS Jadi kita berikan pelatihan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Asrudin, berkaitan dengan satuan Damkar itu penanggulangan bencana, jadi kami Satpol PP sering mempasilitasi seperti banjir dan bukan kebakaran saja. SATPOL PP itu adanya di bidang linmas tapi personilnya dari Satpol PP linmasnya itu yang ada di daerah -daerah didesa dan lainya. Pesan dari saya setelah melakukan kegiatan ini jadi apa – apa yang di berikan oleh narasumber bisa di serap dan di aplikasikan di lapangan. Paparnya

Ditempat yang sama, Ahmad HIidayat menambahkan, Kesbangpol punya peranan penting di bidang kesatuan bangsa dan politik.

“Salah satunya adalah, yang saya telah sampaikan. Upaya penanganan komflik itu harus terpadu, karena konflik itu bentuk perbedaan pendapat, baik secara perseorangan ataupun kelompok, mungkin wilayah mungkin antar negara dan ini harus diselesaikan,” singkatnya.

Laporan : BEDDI RIZAL

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling