Pemerintah Kecamatan Tamansari Gelar Evaluasi Bumdes

BOGOR, INFODESAKU – Guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan perekonomian yang ada di wilayah Tamansari, Camat , Sekcam beserta 8 Pemerintah Desa gelar rapat Evaluasi Bumdes di Aula Kantor Kecamatan, Selasa (16/10/2018).

“Sesuai Permendesa No. 4 tahun 2015 setiap Desa dapat mendirikan BUMdes. BUMdes merupakan program prioritas Kementerian Desa sementara baru beberapa yang membentuk BUMdes di Kabupaten Bogor,” kata Sekcam Tamansari M. Sobar Mansoer.

Dijelasknannya bagaimana pengaturan antara posisi kepala desa sebagai penasehat, pelaksana operasional serta pengawas, akan tetapi bagaimana caranya BUMdes bersinergi dengan inovasi Desa.

“Karena tanggal 1 November akan ada bursa inovasi jadi desa membuat komitmen di tahun depan tentang inovasi sehingga terlaksana secara berbarengan,” jelasnya.

Sobar menambahkan, di Kecamatan Tamansari sudah ada beberapa yang akan mengembangkan potensi wisata yakni Desa Sukajaya sudah berkordinasi dengan pihak kehutanan membuat Camping Ground, Desa Sukamantri potensi wisata Curug Mading, Desa Tamansari Wisata Setu, nanti semua pengelolan  dari BUMdes jadi bukan dari pihak desa yang turun, tapi antara BUMdes dengan desa wisata bisa bersinergi.

“Diharapkan desa- desa di wilayah Tamansari agar menggali potensi masing-masing desa serta kemauan kepala desa untuk tidak hanya melaksanakan tupoksi saja, akan tetapi membuat inovasi sehingga kepala desa tidak menjabat lagi tapi ada kesan dan kebanggan nantinya ada history untuk masa yang akan datang,” pungkasnya.

Laporan : YUD

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan