Danrem 061/SK Bersama Muspida Kota Bogor Bebersih Sungai Ciliwung 

BOGOR, INFODESAKU –  Bertempat di halaman SDN Sempur Kaler Jl. Sempur Kaler, RT 02/03, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dilaksanakan apel pengecekan pasukan yang akan terlibat pada bebersih Sungai Ciliwung, Rabu (17/10).

Turut hadir dalam kegiatan bebersih ini, Danrem 061/SK Kolonel Inf M. Hasan, SH, Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto, Wakil Walikota Bogor, Kapolresta Bogor Kota, Dandim 0606/Kota Bogor, Kasi Intelrem 061/SK, Dandenpom III/1 Bogor, Kasdim 0606/Kota Bogor, Kepala SKPD Kota Bogor, anggota Koramil, anggota Pusdikzi, Bhabinkamtibmas, Komunitas Peduli Ciliwung dan GMPLS (Gerakan Masyarakat Peduli Lapangan Sempur).

Dalam sambutannya Danrem 061/SK Kolonel Inf M. Hasan, SH senang dengan gagasan cemerlang dari walikota bogor Bima Arya untuk membersihkan sungai Ciliwung.

“Saya harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses sehingga sungai kita dapat bersih dan indah dan semuanya dapat terlaksana apabila masyarakat sadar bahwa membuang sampah di sungai sangat tidak baik dan dapat merusak lingkungan bahkan musibah bencana, oleh karena itu mari kita bersama sama menjaga kebersihan sungai,” ujar Danrem.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya dalam sambutannya menyampaikan tentang 6 langkah penataan DAS Ciliwung, yaitu 1. Kampanye dan Sosialisasi, 2. Penegakan Hukum (mulai dari sampah rumah tangga hingga pelaku usaha), 3. Aksi bebersih, 4. Micro Action seperti pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle (R3), 5. Makro Action pembangunan fisik, seperti turap, saluran air dan 6. IPAL dan Monev (monitoring dan evaluasi).

Dalam bebersih kali ini, untuk peserta dibagi dalam 3 tim yg terdiri dari, Tim 1 dipimpin Kadispora Kota Bogor bersih-bersih di wilayah Lebak Pilar dan sekitarnya, Tim 2 dipimpin Kasatpol PP meliputi wilayah jembatan Sempur Kaler dan sekitarnya, Tim 3 dipimpin Pasiter Kodim 0606/Kota Bogor Kapten Inf Rumaluntur meliputi wilayah Kelurahan dan sekitarnya.

Kegiatan bebersih sungai Ciliwung dilaksanakan dengan semangat oleh seluruh peserta, mereka tanpa ragu turun ke sungai untuk mengambil dan mengumpulkan sampah yang tersangkut di bebatuan dan pinggiran sungai untuk kemudian dikumpulkan di mobil sampah yang sudah disiapkan, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran pada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar sungai untuk turut serta menjaga kebersihan sungai dan tidak buang sampah ke sungai lagi, ujar Danrem 061/Sk. (Penrem 061/Sk).

Laporan : YUD

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling