Kodim 0607 Kota Sukabumi Gelar Pencak Silak Seni Tradisi Terbuka

SUKABUMI, INFODESAKU – Dandim 0607 Kota Sukabumi secara resmi membuka festival pencak silat seni tradisi terbuka untuk umum di Makodim Sabtu, (20/10).

Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kaveleri Mujahidin menyampaikan bahwa seni pencak silat adalah warisan dari budaya yang harus terus kita tumbuh kembangkan dan kita jaga kelestariannya sebagai warisan budaya asli Indonesia kita ketahui bersama bahwa Kemarin pada saat event internasional cabang pencak silat penyumbang terbesar medali emas bagi Kontingen Indonesia.

“Oleh karena itu tidak salah kalau kita terus membesarkan nama besar dari pencak silat, selain sebagai warisan budaya seni dari tradisi warisan leluhur kita juga mencari bibit bibit unggul di kecabangan pencak silat,” terangnya.

Lanjut Dandim, dirinya sangat berharap di sukabumi ini menjadi Barometer dan berkembangnya pencak silat dengan level tidak nasional tetapi internasional dengan adanya festival ini nanti akan kita dapatkan dan lahirkan dari daerah Kota Sukabumi dan sekitarnya yang memiliki kemampuan.

“Bibit yang unggul untuk bisa kita jadikan sebagai duta bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Untuk Kodim sendiri tentunya ini adalah salah satu upaya pembinaan teritorial berbagai aspek, dengan berapa seni dan budaya ini menjadi salah satu tugas kami sebagai aparat komando kewilayahan terus mengembangkan menuju ke Banten budaya kearifan lokal yang bisa membantu ataupun menjaga ketahanan nasional dan tetap tegaknya negara kesatuan,” jelasnya menambahkan.

Terpisah,  H. Jumat Bin Ibrahim, Presiden Seni Memencak Persilatan Negeri Serawak Malaysia, mengatakan dengan adanya kegiatan Festival Pencaksilat Seni Tradisi ini sirinya sangat mengapresiasi  karena bisa dijadikan silaturahmi serta membangkitkan budaya seni pencak silat baik di Indonesia maupun di Malaysia.

“Karena adat di Indonesia maupun di Malaysia ada kesamaannya karena sama-sama melayu, siapa saudara kita di Indonesia pasti ada juga saudaranya di Malaysia,” ujarnya.

Lebih Lanjut Jumat menambahkan, dengan adanya pagelaraan pencak silat ini pasti kuat ikatan tali silaturahim antara Serawak dan Sukabumi.

“Mungkin dengan membangkitkan seni ini akan ketemu kembali dari mana asal-usulnya. Ini adalah suatu usaha yang amat sangat bagus menurut saya, karena bagaimana kita bisa mengenal warisan budaya dan asal-usulnya tentunya serta lebih dikenal masyarakat luas lagi tentunya dengan ada kegiatan seperti ini,” tandasnya.

Laporan : BA/DEV

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling