TPID Kecamatan Ciampea Adakan Replikasi Inovasi Desa Serta MAD

BOGOR, INFODESAKU – Penigkatan kapasitas penarapan inovasi Desa, tim pelaksana inovasi Desa (TPID) Kecamatan Ciampea tengah mengadakan replikasi inovasi desa dan musayawarah Desa (MAD). Di aula Kecamatan. Turut hadir Dinas pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD), BPD, Kepala Desa, Ekbang Kecamatan, TPID. Jumat (08/2).

Ketua TPID Ciampea, Wiwi Widianingsih, S.pd mengatakan, kepada pemerintah Desa agar di gali potensi – potensi dan ber inovasi. Mengucapkan terima kasih ke pemerintah Kabupaten Bogor maupun Pusat yang sudah mengadakan program inovasi Desa.

“Ada lima Desa yang masuk dalam program inovasi Desa diantaraya, Desa Cibateng, Tegalwaru, Cicadas, Cinangka, Cihideng Udik. Pemrintah Kecamatan Ciampea mengapresiasi sekali dengan adaya program inovasi Desa,” ujarnya.

Tenaga ahli pengembangan ekonomi Desa M. Shopan menyampaikan, kegiatan replikasi ini, merupakan tindak lanjut daripada kegiatan Bursa Inovasi Desa yang telah dilaksanakan pada tgl 15 Nopember 2018 di Kabupaten Bogor. Tiap Desa – Desa membuat video capturing di tambah kegiatan replikasi dari kartu IDE dan komitmen yang telah diambil oleh Desa. Sehingga Desa – Desa tersebut dengan adanya replikasi mendapat gambaran apa yang telah dilaksanakan oleh desa lain yang sudah maju dan berkembang nantinya diterapkan di Desa tersebut.

“Kecamatan Ciampea banyak kegiatan yang mengambil tentang tema Bumdes mart dan pengembangan lapangan olahraga dari 13 Desa yang bisa di ambil dari Alokasi Dana Desa (ADD), semoga dengan adanya program inovasi desa-desa memiliki inovasi, sehingga tidak berjalan seperti biasanya. Program inovasi ada tiga komponen diantarnya, infrastuktur, sumber daya manusia (SDM) dan kegiatan ekonomi. Di tahun 2019 masih ada program inovasi desa, apalagi Bapeda Litbang ada program yakni satu desa satu inovasi.” Ungkapnya

Laporan : Yudi

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi