Kemenpar dan Dosen STP Trisakti Bersinergi Dalam Workshop Sadar Wisata di Sultra

SULTRA, INFODESAKU – Bertempat di Plaza Inn Kendari Sulawesi Tenggara, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bersinergi dengan Akademisi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Rina Fitriana mengadakan Kegiatan Workshop Pembinaan Sadar Wisata dan Sapta Pesona.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Sadar Wisata dan Sapta Pesona kepada para pegawai di lingkungan Dinas Pariwisata se Kabupaten/Kota dan SKPD terkait di Sulawesi Tenggara. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 5-6 April 2019 dihadiri oleh perwakilan Dinas Pariwasata Kabupaten/Kota serta perwakilan SKPD terkait.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Syahruddin Nurdin, menyambut baik kegiatan workshop ini dan berharap kegiatan semacam ini akan membuka wawasan pariwisata dan menyadarkan para peserta workshop tentang pentingnya penerapan sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari.

“Sadar wisata ini sangatlah baik, karena sektor pariwisata membuka kesempatan untuk pemberdayaan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan sehingga akan dapat meningkatkan kesejahteraan dan menggenjot pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Dalam paparannya, Rina Fitriana menyebutkan bahwa pariwisata itu multidimensi, multisektor, dan multidisiplin. Sehingga sektor pariwisata tidak mungkin maju dan berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari sektor lain.

“Contohnya, salah satu aspek 3A yaitu aksesibilitas. Pembangunan jalan kan urusannya PU lalu trayek angkutan kan berkaitan dengan dinas perhubungan, sehingga untuk bisa membangun suatu destinasi jelas diperlukan koordinasi dan kerjasama antar SKPD. Dinas pariwisata tidak bisa bergerak sendirian,” papar Rina.

Kegiatan Workshop ini ditutup dengan pelaksaan FGD tentang penerapan sadar wisata dan sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari.

Laporan : EPF/WIEN

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat