Program Non Fisik TMMD Ke-105 Kodim 0607/Kota Sukabumi Berikan Penyuluhan Pertanian

SUKABUMI, INFODESAKU – Pelaksanaan program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 di Kampung Tegal Panjang,  Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Selain membangun sarana fisik berupa dibangunnya akses jalan.

Adapun bidang non-fisik yang disentuh oleh TNI dalam program TMMD ini, kali ini Dinas pertanian yang di gandeng oleh  Kodim untuk memberikan penyuluhan pertanian kepada masyrakat yang bertempat Kegiatan Penyuluhan Pertanian ini di adakan di Aula Kelurahan  Cikundul, Jalan Merdeka, Kecamatan Lembursitu dan dibuka oleh Pasiter Kapten Mahtom Tohari .Kamis, (31/07/2019)

Kegiatan ini dihadiri oleh Pasiter Kodim 0607/Kota Sukabumi Kapten Arm Mahtom Tohari, Bapak Dina,Indra dari Dinas Pertanian dan  warga Cikundul Salah satu kegiatan bidang non-fisik yang disentuh  kali ini bidang pertanian karena sebagian Masyarakat Cikundul adalah petani. 

Materi ini disampaikan oleh Bapak Kusnaya SP.MM
selaku kordinator penyuluh  pertanian dari Dinas Pertanian Kota Sukabumi.

Kusnaya memberikan  Penyuluhan masalah Asuransi pertanian, yaitu petani harus membayar sejumlah uang untuk  membayar premi asuransi.

“Apabila mau masuk asuransi,dan premi ini dibayarkan sekali dalam sekali musim tanam padi,” terangnya kepada Infodesaku di sela -sela kegiatan

Lebih lanjut kata Kusnaya menambahkan Apabila dalam satu musim itu gagal panen maka akan diganti oleh pihak asuransi, kemudian juga menjelaskan tentang lahan pertanian berkelanjutan, dan menjelaskan manfaat kartu tani serta program pupuk bersubsidi dapat diterima oleh petani kecil yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan.

“Dengan kartu tani pemerintah bisa mengetahui dengan tepat data petani yang membutuhkan pupuk dan jumlah pupuk yang dibutuhkan, oleh karena itu distribusi pupuk subsidi akan lebih efisian dan tepat sasaran.” pungkasnya

Laporan : Arif Setiawan

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling