Agar Daging Tetap Higenis, Panitia Kurban MA Gunakan Besek

LAMSEL, INFODESAKU – Ada pemandangan berbeda di areal penyembelihan hewan kurban di Mesjid Agung (MA) Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel), Minggu, (11/8/2019) kemarin.

Ribuan besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu-red) berisi daging hewan kurban berjejer dibawah tenda biru yang siap dibagikan ke warga.

Biasanya daging-daging kurban tersebut dikemas menggunakan kantong plastik, namun lebaran idul adha tahun ini, kebiasaan kurang higenis tersebut mulai ditinggalkan panitia kurban mesjid Agung Kalianda.

“Yang pakai besek Rul yang ada nilai teladannya, agar daging tetap higienes, harapan kedepan bisa dicontoh oleh panitia kurban lain,” ujar Kepala Dinas Peternakan Lamsel, Drh. Arsyad.

Menurutnya, selain mengedepankan keamanan daging, penggunaan Besek tersebut juga bisa mendongkrak keuntungan bagi pengusaha kecil dan menengah.

“UMKM juga bisa berkembang, lingkungan aman dan penggunaan plastik berkurang dan daging tetal higienes.” Tukas drh. Arsyad.

Sementara, Kasubag Urusan Haji dan Perayaan Keagaman Bagian Mental Spiritual dan Kemasyarakatan (BMSK) Pemkab Lamsel, Nurfeb Hartini mengatakan, total keseluruhan hewan kurban yang disalurkan Pemkab Lamsel berjumlah 50 ekor, rinciannya, 39 ekor sapi dan 11 Kambing.

Hewan kurban tersebut, nantinya akan dibagikan kepada masyarakat Lamsel yang tersebar di 17 kecamatan.

“Secara simbolis diserahkan ke Masjid Agung Kalianda. Sedangkan, di Masjid Agung sendiri ada 11 ekor sapi yang akan disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.” Tutur Nurfeb mewakili Kepala Bagian BMSK Kholil.

Laporan : Ridwansyah. Ys/BR/Kmf

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega