Antisipasi Longsor Susulan, Pemdes Pasir Jambu Bangun Turap

BOGOR, INFODESAKU – Khawatir terjadi longsor susulan pasca ambrolnya tebingan di kampung jambu lebak Rt 001 /003 Desa Pasir Jambu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, beberapa waktu yang lalu, Pemdes Pasir Jambu cepat tanggap mengatasi dengan membangun turap dua tingkat, walaupun pekerjaannya menggunakan dana talangan tidak menghalangi niat pemdes untuk terus menyelesaikan pembangunan turap yang memang menjadi prioritas agar longsor tidak semakin melebar, jum’at (31/01/2020) lalu.

Menurut Kasi Ekbang Desa Pasir Jambu, Muhammad Jaeni, pembangunan turap harus segera dilakukan untuk menghindari terjadinya longsor susulan, mengingat hujan masih terus mengguyur wilayah Bogor dan sekiranya.

“Pembangunan turap harus segera dilakukan sebagai bentuk antisipasi meluasnya longsoran tebing di kampung jambu lebak, setelah berkordinasi dan mendapat arahan dari kepala desa, saya bentuk tim tpk untuk segera membangun turap ditempat yang terjadi longsor,” ujar Muhammad Jaeni yang akrab dipanggil Enjay.

Senada dengan Kasi Ekbang, Kepala Desa Pasir Jambu menginstruksikan kepada perangkatnya untuk memprioritaskan pembangunan turap dimana terjadinya longsor, walaupun dengan menggunakan dana talangan untuk menghindari adanya longsor susulan.

“Mengingat sangat berbahaya bagi rumah warga yang berada dibawah longsoran tebing jalan, saya memprioritaskan pembangunan tembok penahan tebing agar longsor tidak meluas, walaupun kita gunakan dana talangan terlebih dahulu,” papar Kades Wahyu.

Untuk mengantisipasi terjadinya erosi tanah di Desa Pasir Jambu, Kepala Desa menghimbau kepada warga untuk menanam tanaman keras disekitar rumahnya agar dapat mengikat air yang dapat menggerus tanah, terutama bagi warga yang memiliki rumah dekat dengan tebingan.

“Saya menghimbau kepada warga desa, terutama yang memiliki rumah dekat dengan tebingan agar menanam tanaman keras disekitar rumahnya, ini bertujuan mencegah terjadinya erosi tanah.” pungkasnya.

Laporan : AJH

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling