Ketua RT Merupakan Ujung Tombak SP 2020 Online

GARUT, INFODESAKU – Jelang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 online, BPS Kabupaten Garut terus melakukan sosialisasi melalui rapat koordinasi mengenai SP 2020 di Tingkat kecamatan, kali ini Rakor dilaksanakan di Aula Kecamata Cibiuk yang diikuti oleh Para kepala desa dan Staf kecamatan. Rabu, (12/02).

Sekretaris Camat, Tien Latina dalam sambutannya menyampaikan sensu 2020 untuk menjawab tantangan era digital dan dilaksanakan dua priode, pertama sensus online dan sensus prefikasi atau wawancara langsung.

” Kami harapkan hasil dari Rakor ini ditindak lanjuti didesa masing-masing terutama disosialisasikan kepada Ketua RT yang merupakan ujung tombak dari pemerintah agar penyebaran informasi lebih merata dan SP 2020 online sukses,” tuturnya.

Sekmat juga menghimbau agar Pemerintah desa menyebarluaskan info pelaksanaan SP 2020 baik online maupun wawancara serta ikut pro aktiv dan membantu petugas. Selain itu Sekmat juga meminta agat BPS dalam perekrutan petugas SP 2020 lebih selektif dan memilih petugas yang kompeten serta memiliki rasa tangung jawab.

” Jangan sampai petugas itu melakukan pendataan asal-asalan sehingga menghasilkan data yang tidak akurat dan ujungnya merepotkan Pemerintah desa dan Kecamatan,” pungkasnya.

Koordinator Statisrik Kecamata (KSK) Cibiuk Asep Setiawan dalam pemaparan materinya menjelaskan rangkaian Sensus Penduduk 2020 akan dimulai Sabtu,15 Februari, SP2020 sendiri terdiri dari dua tahapan yakni SP2020 Online dan SP2020 pendataan manual pada Bulan Juli 2020, SP2020 Online memberi kemudahan kepada warga untuk mencatatkan dirinya sendiri melalui perangkat komputer atau ponsel pintar.

“Sensus Penduduk Online ini akan berlangsung 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Pastikan anda dan keluarga tercatat demi data kependudukan yang akurat,” jelasnya.

Asep juga menerangkan ketika mereka melakukan sensus online, mereka tinggal masuk website www.sensus.bps.go.id kemudian ketik NIK dan nomor KK, nantinya akan muncul semua data keluarga. Di situ nanti ada variabel yang harus diisi.

” Ujung tombak dari SP 2020 online ini Ketua RT sebagai pejabat satuan lingkungan setempat yang dekat dan memahami lingkunga serta penduduknya,” tegasnya.

 

Laporan : BHEGIN

Related posts

Babinsa Cimandala Monitoring Pekerjaan Pengecoran Jalan Program SAMISADE

Kunjungi Tokoh Pemuda Cara Petugas Jalin Komunikasi Sosial

Ribuan Peserta Touring Ngabumi Tempuh Jarak 280 Km Sambut HUT Kabupaten Sukabumi Ke-153