Pemdes Cijujung Laksanakan Musdes-sus

BOGOR, INFODESAKU -Pemerintah Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang, bertempat di Villa Cijulang melaksanakan Musyawarah desa khusus guna membahas penyaluran BLT Dana Desa, selain Kepala Desa dan BPD turut hadir pula Tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan Babinsa. Minggu, (03/05).

Kepala desa. Hapit Priatna menjelaskan Musdes-sus ini guna membahas bantuan langsung tunai ( BLT ) yang bersumber dari dana desa sebesar 35% sebagai solusi buat warga yang terdampak pandemi Covid-19.mengingat jumlah masyarakat yang terkena dampak cukup banyak.

” Musdes-sus ini merupakan pengambilan keputusan secara lokal untuk menentukan calon penerima ( BLT ) dari dana desa,” jelasnya.

Mama, pendamping Lokal desa mengatakan, penggunaan dana desa untuk ( BLT ) itu mengacu pada Permendes Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 PDTT lengkap dengan juknis pendataan keluarga calon penerima BLT Dana Desa nomor: 9/PRI.00/IV/2020 tanggal 16 April 2020. Saat ini,bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten belum dapat mengcover kebutuhan masyarakat sesuai data yang telah dimiliki oleh pemerintahan desa.Untuk itu, dengan adanya kebijakan 35 persen yang diambil dari dana desa mampu menjadi solusi tepat bagi pemerintah desa.

” Kepada warga yang mendapatkan bantuan dari Banpres, Banprov, PKH dan kabupaten diharapkan agar dikasih tanda dirumah masing-masing warga, jangan sampai nantiya tumpang tindih dari peyaluran bantuanya,” ucapnya.

Jaenudin, Ketua BPD menambahkana besaran dana desa sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait validasi, finalisasi dan penetapannya dilakukan di forum musyawarah desa khusus (Musdes-sus) yang dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani oleh Kepala desa bersama perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

” Hal ini tentunya bagian dari implementasi asas yang dimiliki oleh pemerintahan desa yaitu kewenangan berskala lokal dan pengambilan keputusan secara lokal untuk kepentingan masyarakat desa yang menjadi masukan baik untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Laporan : Iwan

Related posts

Antisipasi Longsor Pemdes Cikeas Bangun Tembok Penahan Tanah Melalui Program Samisade

Launching Samisade Desa Cikeas, Begini Kata Danramil

Peduli Lingkungan Danramil Sukaraja Lakukan Penanaman Pohon