16 Perguruan Pencak Silat Deklarasi Jaga Kondusifitas

SIDOARJO, INFODESAKU – Sebanyak 16 perguruan pencak silat di Kabupaten Sidoarjo menyatakan kesanggupannya untuk menjaga kondusifitas di Sidoarjo. Pernyataan tersebut di deklarasikan di hadapan Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombes.Pol. Sumardji serta Dandim 0816 Letkol. Inf. Muhammad Iswan Nusi di Hotel Aston Sidoarjo, Jumat (14/08) kemarin. Satu persatu ketua perguruan silat membubuhkan tanda tangannya sebagai bukti kesanggupannya dalam menjaga Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat).

Diantaranya perguruan silat tersebut adalah PSHT, Pagar Nusa, Tapak Suci, Kera Sakti, Perisai Diri, Cakra Sakti, Perisai Sakti Mataram maupun perguruan silat Ki Ageng Pandan Alas.

Terdapat lima butir pernyataan yang juga ditandatangi oleh Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Imdonesia) Sidoarjo Bahrul Amig. Antara lain ikut mendukung dan berperan aktif menjaga situasi Kamtibmas, sanggup meningkatkan dan menjaga kebersamaan, kerukunan dan saling menghormati antar perguruan silat, sanggup tidak terprovokasi berita hoax serta siap bersatu agar tidak terjadi perselisihan antara perguruan silat dan yang terakhir sanggup menjaga kondusifitas serta siap mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2020.

Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin menyambut baik deklarasi yang diinisiasi Polresta Sidoarjo tersebut. Kegiatan seperti ini akan memupuk rasa persatuan dan kebersamaan.

Dikatakannya, persatuan dan kebersamaan sangat luar biasa nilainya. Oleh karenanya diharapkan semua pihak dapat menjaganya. Termasuk dari seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin merasa senang bila melihat seluruh perguruan silat rukun dan guyub. Sebaliknya dirinya sangat prihatin dan sedih apabila ada perselisihan antar perguruan silat.

Dikatakannya tidak ada kebanggaan apapun dengan memukul seseorang. Apalagi yang dipukul saudara sendiri. Oleh karenanya seluruh anggota perguruan silat diharapkan dapat berfikir seperti itu.

Menurutnya puncak dari latihan yang dilakukan adalah prestasi. Prestasi yang didapat dalam pertandingan kejuaraan. (edw).

 

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Pentas PAI Tingkat Jabar, BUPATI” Lahirkan Generasi Bangsa Berkuwalitas Perkuat Nilai Akidah DI Era Moderensasi”

Pemerintahan Desa Kecapi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2023 Desa Tugumulyo Berjalan Kondusif