Dipenghujung Tahun 2021, Pemkab Bogor Berhasil Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terinovatif Tahun 2021 dalam Kegiatan Inovatif Government Award

BOGOR, INFODESAKU – Ditengah pandemi Covid-19 dan penghujung tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bogor berhasil menorehkan prestasi bergengsi yaitu menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif Tahun 2021 melalui kegiatan penghargaan Inovatif Government Award (IGA) Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI secara virtual, di Ruang Rapat 1 Setda Kabupaten Bogor, Rabu (29/12).

Sebagai informasi penghargaan IGA Award tahun 2021 merupakan penghargaan kedua yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Pada IGA Award Tahun 2020 lalu pun Pemkab Bogor berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif tahun 2020.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, penghargaan Kabupaten Terinovatif Tahun 2021 diperoleh berkat kerjasama dan kerja keras tim Pemerintah Kabupaten Bogor. Penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif Tahun 2021 tentunya akan memacu semangat Bupati Bogor dan seluruh jajaran Pemkab Bogor.

“Kita sudah dua kali mendapatkan IGA tahun 2020 dan 2021, mudah-mudahan kita bisa mempersembahkan ini setiap tahun karena Kabupaten Bogor concern juga terhadap inovasi mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. kita gali terus inovasi-inovasi di sekolah, lembaga, universitas, dan semua masyarakat kita tantang untuk berinovasi. Akan terus kita lakukan perbaikan-perbaikan ke depan agar bisa terus inovatif,” jelas Ade Yasin.

Lanjut Bupati Bogor menerangkan, ada 4 inovasi yang ia ajukan untuk dilombakan dalam IGA Award Tahun 2021 yakni bidang kesehatan, sosial dan tenaga kerja terdiri dari Bogor Pain Center, inovasi dari RSUD Ciawi, Graha Pancakarsa, Career Center dan Leuwi Pancakarsa itu salah satu inovasi bidang kesehatan dari RSUD Leuwiliang.

Katanya, sebetulnya ada 344 inovasi yang terkumpul, tetapi yang memenuhi syarat ada 199 dari 199 4 yang dilombakan.

“Saya kira ini pemicu bagi kita semua untuk terus berinovasi. Mudah-mudahan tahun depan pun kita masih bisa mempersembahkan IGA ini untuk masyarakat Kabupaten Bogor, karena inovasi ini kita concenkan di semua tingkatan mulai dari desa hingga kabupaten, sekolah, universitas, masyarakat dan lain-lain. Kita banyak inovasi bottom up, rutin setiap tahun, karena Inovasi berkembang dengan sendirinya,” tandasnya.

Secara virtual Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian mengatakan, IGA Award merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan untuk mendorong dan mengingatkan kepada semua pihak bahwa pemberian terobosan kreatif dan inovatif pemerintahan itu betul-betul jadi hal yang diperlukan yang dapat menciptakan iklim kompetitif, sehingga bagi daerah yang kurang inovatif bahkan tidak inovatif termotivasi untuk berlomba-lomba agar bisa meraih prestasi. Momentum ini sangat disegani sebab penilaiannya dilakukan secara objektif oleh tim yang terdiri dari Kemendagri, Kemenkeu, Bappenas, akademisi universitas seluruh Indonesia, NGO internasional, media MNC News, dengan adanya campuran seperti ini penilaiannya akan objektif sehingga akan memberikan kebanggaan bagi yang menerima.

“Kekuatan objektivitas pemimpin konseptual dan inovatif, menjadi kunci keberhasilan. Menjadi daerah yang mandiri secara fiskal sehingga bisa menyejahterakan masyarakatnya. Dengan adanya IGA saya berharap ini betul-betul mengingatkan kembali kepada filosofi membuat terobosan kreatif sebagai salah satu bagian untuk menunjukan bahwa kepala daerah adalah kepala daerah yang memiliki kemampuan atau kepemimpinan yang kuat atau strong leader. Karena hanya dengan strong leader daerah itu bisa maju,” tuturnya.

Tito juga mengucapkan terima kasih kepada semua tim penilai yang telah bekerja keras dan selamat kepada semua daerah yang terpilih jadi daerah terinovatif, percayalah kalian yang terbaik karena dipilih secara objektif.

“Bagi yang dapat catatan belum terpilih, kurang inovatif bahkan tidak bisa dinilai supaya lebih terdorong untuk maju. Banyaknya Inovasi mudah-mudahan ini dapat mendorong Indonesia jadi lebih baik,” imbuhnya.

 

Laporan : Red/Diskominfo Kabupaten Bogor

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat