Desa Windujanten Cegah Stunting Dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh Dan Sanitasi

KUNINGAN, INFODESAKU – Sebagai upaya untuk memerangi stunting atau kasus gizi buruk ( gagal pertumbuhan) serta memberikan pemahaman tentang Stunting, Pemerintah Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan gelar Rembuk Stunting Desa yang bertempat di Balai Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Kamis (13/07/2023).

Acara dihadiri oleh Kades Windujanten, Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, Ketua BPD, Ketua LPM, Pendamping Desa, Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, serta Perangkat Desa.

Penyuluhan Rembuk Stunting desa memberikan pemahaman cara mengatasi kekurangan gizi balita kepada masyarakat, khususnya kepada para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia balita, harapannya anak yang lahir dalam kondisi sehat serta pertumbuhannya tidak terhambat.

Kegiatan dinarasumberi oleh Pendamping desa Kecamatan Kadugede dan Kasi Kesra Kecamatan Kadugede dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya Stunting yaitu kekurangan gizi balita atau gagal pertumbuhannya.

Kepala Desa Windujanten Rohman Hidayat S.H, mengatakan pentingnya menjaga pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya).

“Untuk ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” ujar Kades.

Lebib lanjut ia menambahkan,” Karena balita merupakan masa pertumbuhan, selain kesehatan gizi juga harus terjamin untuk pertumbuhan anak tersebut,” imbuhnya.

“Untuk menekan angka stunting khususnya di Desa Windujanten dan umumnya di Kabupaten Kuningan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Kuningan Maju.” pungkasnya.

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Bupati Sukabumi Sampaikan Pendapat Akhir Atas Dua Raperda

Ciptakan Lingkungan Bersih Polsek Kadugede Giat Peduli Lingkungan

Berikan Pemahaman Warga Melalui Rembug Stunting