Pemdes Kerinjing Jalankan Program Babs

LAMSEL, INFODESAKU – Dalam Upaya mengubah perilaku warga  buang air besar sembarangan (BABS) pemerintah desa (Pemdes ) Kerinjing Kecamatan Rajabasa Kebupaten Lampung Selatan memberikan bantuan Jamban kepada  63 Kepala keluarga yang berada di desanya .

Bantuan jamban tersebut di anggarkan oleh pemdes melalui dana desa sebesar 34 jt untuk pembelian closet dan pembuatan sepiteng .

Hasil pantauan media di lapangan, selasa (9/1) pemdes beserta aparatur dan sejumlah warga yang sedang bekerja pembuatan septikteng dan pemasangan closet di salah satu rumah warga yang berada di desa tersebut.

Bagi warga yang belum mempunyai septikteng tapi mempunyai klosetnya saja maka warga tersebut berhak di buatkan septikteng dan juga sebalik nya seperti yang di ungkapkan Sabit Selaku Sekdes kepada awak media dilapangan

“Warga yang sudah mempunyai kloset tapi pembuangan nya ke air yang mengalir jadi akan menjadi penyakit untuk sekitar nya maka nya kita buatkan pembuangan khusus yaitu septikteng dan warga yang memang belum mempunyai kedua maka kita akan berikan juga keduanya yaitu kloset dan sepiteng nya,” ungkapnya.

Satim selaku Kades membenarkan apa yang di ungkapkan sekdesnya serta ia menambahkan dengan pemberian jamban adalah sebagai bentuk kepedulian pemdes dan mengikuti program pemerintah pusat dan daerah.

“Salah satu bentuk menjga kesehatan adalah tidak membuang air besar sembarangan jadi saya beserta aparatur langsung mendata siapa saja yang belum punya jamban pada saat itu , dengan adanya program BABS yang di canangkan pemerintah dan adanya dana desa maka saya beserta aparatur langsung menganggarkan untuk pembuatan Jamban.” Tambahnya.

 

Pelapor : SAFARUDIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan