Mensos RI Kunjungi Korban Gempa Warga Kuta Megamendung

BOGOR, INFODESAKU – Menteri Sosial Republik Indonesia, Idrus Marham bersama rombongan di dampingi Muspida, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Tagana, BPBD Kabupaten dan unsur lainnya mengunjungi dan meninjau lokasi korban gempa bumi yang terjadi pada tanggal 23 Januari lalu di wilayah Kampung Tarikolot II, RT 1 RW 04, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu (27/1).

Pantauan infodesaku dilokasi, Kunjungan Mensos tersebut merupakan intruksi Presiden RI, atas kejadian bencana gempa bumi pada 23 januari lalu.

Idrus Marham mengatakan dalam hal ini atas intruksi presiden kepada Menteri Sosial untuk keliling atau mengecek langsung tidak hanya sekedar menginventarisir, tidak hanya sekedar menyiapkan bantuan tetapi juga harus turun ke lapangan.

“Mengecek langsung apakah betul bantuan yang ada secara nyata sudah sampai kepada rakyat atau tidak, makanya tim kementerian sosial terpadu dengan unit-unit kerja lainnya utamanya TNI – POLRI, Pemda, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri bersatu padu untuk mengecek ke bawah,” paparnya.

Lebih lanjut, Mensos mengatakan melakukan langkah tanggap darurat,memberikan bantuan berupa makanan jangan sampai korban ini tidak makan,memberikan bantuan tenda-tenda jangan sampai rumah rusak berat itu tidak bisa tidur atau kehujanan.

“Kita lakukan inventarisir, di cek, di pastikan sampai pada rakyat dan setelah itu ada langkah pemulihan sosial juga memberikan bantuan perbaikan kepada rumah-rumah yang terinterverinsir itu, kemudian nanti akan kita tindak langkah selanjutnya,” terangnya.

Yang pasti intruksi Presiden bisa kita atasi, baik di dalam langkah tanggap darurat maupun dalam langkah pemulihan sosial. Ada bencana ada dampaknya kita harus mengambil langkah, jadi jangan yang parah baru kita perhatikan sementara yang tidak kita diamkan.

“Siapapun yang terkena dampak dari gempa bumi yang ada, pastikan semuanya bisa terurusi tanpa terkecuali.” tutupnya seperti yang diintruksikan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Sosial.

Laporan : Taufik Hidayat/Panji

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling