Atasi Persoalan Sampah, Pemdes Kalongliud Terus Sosialisasikan Bank Sampah

BOGOR, INFODESAKU – Keseriusan pemerintah Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dalam menangani persoalan sampah diwilayahnya bukan hanya isapan jempol belaka. Terbukti pada Rabu (31/01/2018), selain terus mensosialisasikan bank sampah di desanya, pemerintah desa juga menggandeng Koramil 2125/Nanggung memberikan sosialisasi Pengolahan dan Pemanfaatan sampah rumah tangga.

Dipastikan Bank Sampah tersebut merupakan salah satu unit dari Bumdes Kalongliud dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat agar bisa lebih maju dan tentunya juga berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan. Maka untuk menunjang hal tersebut, masyarakat dibekali pelatihan kerajinan tangan dari sampah dan mendaur ulang sampah hingga menjadi buah tangan dan kreativitas yang menarik.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman saat ditemyu Infodesaku usai acara menjelaskan, Maksud dan tujuannya ini untuk memberikan pemahaman pada warga masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan menciptakan nilai ekonomis yang bersumber dari sampah dan juga bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat.

“Tentunya selain menerapkan kesehatan dan kebersihan lingkungan juga kami mengumpulkan dan memilah sampah sampah dari rumah tangga yaitu sampah organik dan non organik. Dari sampah organik ini kami jadikan pupuk kompos dan yang non organik kami jadikan kerajinan tangan,” ujarnya.

Lanjut ia, pada kegiatan kali ini Danramil beserta seluruh jajaran Anggota Koramil 2125/Nanggung turut serta membantu dalam rangkaian kegiatan sosialisasi tentang pentingnya manfaat Bank Sampah ini. Salah satu dorongan yang diberikan oleh Danramil tersebut atau jajarannya yaitu memfasilitasi area lahan yang ditawarkan kepada kami khususnya jajaran pemerintah Desa Kalongliud untuk menampung dari seluruh sampah sampah yang ada di Desa Kalongliud untuk ditempatkan di tempat yang sudah di fasilitasi oleh Danramil.

“Saya sangat berterimakasih kepada Danramil dan Seluruh jajarannya yang berperan aktif dalam rangka mensukseskan kegiatan Bank Sampah in. Mudah-mudahan semua rangkaian kegiatan yang telah diciptakan apalagi yang sudah di launching berjalan dengan baik. Apalagi program ini sudah berdasarkan hasil kajian baik itu hasil kajian dari sisi potensi dari sisi masalah dan akhirnya kami menciptakan suatu program yaitu program Bank Sampah,” pungkasnya.

Laporan : Ika Rivany

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan