KKM MI Kecamatan Palengaan Gelar Lomba KSM MI Tingkat Kecamatan

PAMEKASAN, INFODESAKU – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Ibtidaiyah (MI)  Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang digelar di MI Sirojut Tholibin Pondok Pesantren Taman Sari. Sabtu, (10/02/2018).

Program ini dilaksanakan berdasarkan UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan, Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2015 tentang standar Nasional Pendidikan, Peraruran Menteri No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Madrasah dan Peraturan Menteri Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan serta Peraturan Menteri Agama No. 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh lembaga madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Palengaan dan ada tiga Mapel yang dilombakan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Turut hadir dalam kegiatan ini Kasi Pendma Kemenag Pamekasan dan pengawas Kecamatan Palengaan.

Nawawi selaku Kasi Pendma Kemenag Pamekasan mengatakan, ada tiga Mapel yang dilombakan  dalam kegiatan ini dan ketiganya merupakan Mapel yang paling Kompetensi dan bergensi di lingkungan kemenag, dan tahun 2019 KSM akan di laksanakan berbasis Komputer.

“Ada tiga Mata pelajaran yang akan dilombakan dan Ajang ini bertujuan untuk mencari bakat yang berpotensi di tingkat kecamatan selanjutnya akan diikutkan ke ajang tingkat kabupaten. Tahun depan KSM akan dilaksanakan berbasis komputer, karena tahun depan UN akan dilaksanakan berbasis komputer,” ungkap nawawi dalam sambutannya.

“Saya ucapkan selamat bertanding semoga sukses,saya berharap semoga ajang ini dapat terlaksana dengan lancar dan bermanfaat,” tambahnya.

Sementara itu, Edi Purnomo selaku pengawas MI Kecamatan Palengaan mengatakan dalam Sambutannya, program ini digelar setiap  tahun dalam rangka mendorong siswa madrasah agar dapat meningkatkan kemampuan Intelektual, Emosional dan Spiritualnya.

“Selain itu, agar madrasah dapat meningkatkan Mutu Pendidikan Sains secara Agama dan Komprehensif melalui mengembangkan Kreatifitas dan Motivasi dalam meraih Prestasi belajar,” tuturnya.

“Pelaksanaan seleksi tingkat kecamatan ini dimaksudkan untuk menentukan wakil siswa KSM tingkat kabupaten, tiga pemenang dari masing-masing Mapel yang dilombakan akan ikut lomba di tingkat Kabupaten, Program ini dapat terlaksana atas kerja keras KKM MI Kecamatan Palengaan dan segenap jajarannya.”pungkasnya.

Laporan : Abdul Chalik 

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling